Breaking News

Pasukannya Sering Disadap Beijing, Jenderal AS: Militer China Makin Agresif dan Berbahaya


Militer China dinilai menjadi jauh lebih agresif dan berbahaya selama lima tahun terakhir. Salah satu buktinya adalah ketika Beijing kedapatan telah menyadap pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutu di kawasan Pasifik.

Begitu yang dikatakan oleh Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley ketika melakukan tur ke Indo-Pasifik, termasuk singgah di Indonesia, pada Minggu (24/7).

Ia mengungkap jumlah penyadapan oleh pesawat dan kapal China di kawasan Pasifik dengan AS dan pasukan mitra lainnya telah meningkat secara signifikan selama lima waktu terakhir. Sementara jumlah interaksi yang tidak aman juga telah meningkat.

“Pesannya adalah militer China, di udara dan di laut, telah menjadi lebih agresif secara signifikan di wilayah tertentu ini,” kata Milley, seperti dikutip The Guardian.

Perjalanan Milley ke Indo-Pasifik secara khusus ditujukan untuk menangkal ancaman China.

Para pejabat militer AS juga telah memperingatkan tentang kemungkinan bahwa China dapat menyerang Taiwan, mungkin pada tahun 2027. China sendiri telah meningkatkan provokasi militernya terhadap Taiwan.

AS dan sekutu mengaku khawatir dengan perjanjian keamanan baru-baru ini yang ditandatangani Beijing dengan Kepulauan Solomon pada April. Dikhawatirkan perjanjian tersebut termasuk pembentukan pangkalan angkatan laut China di Pasifik Selatan. 

Sumber: rmol
Foto: Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Mark Milley/Net
Pasukannya Sering Disadap Beijing, Jenderal AS: Militer China Makin Agresif dan Berbahaya Pasukannya Sering Disadap Beijing, Jenderal AS: Militer China Makin Agresif dan Berbahaya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar