Breaking News

Kena Banyak Skandal, PM Inggris Boris Johnson Dilaporkan Akan Mundur


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dilaporkan akan mengundurkan diri pada Kamis (7/7) waktu setempat, di tengah gelombang protes yang dilakukan oleh kabinetnya sendiri.

Rencana pengunduran diri Johnson dimuat oleh beberapa media, termasuk BBC.

Laporan tersebut muncul di tengah semakin besarnya tekanan terhadap Johnson dari kabinetnya sendiri. Bahkan hingga Kamis pagi, 52 menteri senior dan junior mengumumkan pengunduran diri mereka.

Aksi protes para menteri dimulai dengan pengunduran diri Menteri Keuangan Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Sajid Javid pada Selasa (5/7). Keduanya juga mengajukan surat tidak percaya terhadap Johnson.

Sebagai pengganti menteri keuangan, Nadhim Zahawi, pada Kamis mengirim surat yang berisi tuntutan agar Johnson mundur.

Bahkan Menteri Pertahanan Ben Wallace juga menuntut Johnson untuk mundur. Namun ia menegaskan akan tetap berada di posisinya untuk menjaga keamanan nasional.

Tekanan terhadap Johnson muncul menyusul serangkaian skandal yang melibatkan dirinya dalam beberapa bulan terakhir.

Pada Juni, ia hampir terguling melalui mosi tidak percaya akibat skandal Partygate. Itu ketika Johnson melanggar aturan lockdown yang ia buat sendiri dengan menggelar pesta di Downing Street.

Baru-baru ini, ia juga terlibat skandal terkait penunjukkan Chris Pincher untuk jabatan senior, meski ia memiliki cacatan pelanggaran seksual di masa lalu

Awalnya, Johnson menegaskan tidak akan mundur dan akan terus melanjutkan pekerjaannya sebagai perdana menteri. 

Sumber: rmol
Foto: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson/Net
Kena Banyak Skandal, PM Inggris Boris Johnson Dilaporkan Akan Mundur Kena Banyak Skandal, PM Inggris Boris Johnson Dilaporkan Akan Mundur Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar