Breaking News

Ferdy Sambo dan Istri Tak Kunjung Diperiksa Hingga Kini, Ini Alasannya Menurut Komnas HAM


Irjen Ferdy Sambo dan istrinya Putri Chandrawathi hingga Sabtu (30/7) tak kunjung diperiksa Komnas HAM soal tewasnya Brigadir Joshua.

Menurut Komnas HAM, Irjen Ferdy Sambo dan istrinya akan diperiksa sebagai pihak terakhir dalam kasus tewasnya Brigadir Joshua ini.

Irjen Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi tak kunjung diperiksa Komnas HAM hingga Sabtu padahal lokasi tewasnya Brigadir Joshua berada di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga Jaksel.

Komnas HAM memastikan akan memeriksa Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Chandrawathi terkait kasus penembakan Brigadir Joshua.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan pemeriksaan keduanya dijadwalkan jika semua pihak sudah dimintai keterangan.

“Pasti kami akan panggil pak Ferdy Sambo, pasti kami akan meminta keterangan Bu Putri,” kata Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Kamis (28/7).

“Tapi tahapannya adalah memperkuat dulu sekuen-sekuen ceritanya, konteks waktunya dan sebagainya, baru nanti pasti ke Ferdy Sambo,” imbuhnya.

Setelah pemeriksaan Sambo dan Istri rampung, barulah pihaknya akan beranjak memeriksa lokasi penembakan Brigadir Joshua.

Lokasinya yakni di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

“Nanti akan ke TKP,” ucapnya.

Diketahui, pihak-pihak yang sudah diperiksa Komnas HAM antara lain keluarga Brigadir Joshua termasuk kekasih Brigadir Joshua, Vera Simanjuntak.

Tim Forensik Polri diperiksa Komnas HAM pada Senin (26/7). Pada Selasa (26/7), Komnas HAM memanggil semua aide de camp (ADC) atau ajudan Irjen Ferdy Sambo termasuk Bharada E sebagai orang yang dituduh melakukan penembakan.

Kemudian pada Rabu (28/7), Komnas HAM memeriksa CCTV dan HP dengan Siberbareskrim dan Digital Forensik Puslabfor Mabes Polri.

Pemeriksaan itu belum rampung dan akan dilanjut pekan depan.

Anam memastikan semua pihak bakal diperiksa terkait kasus tersebut. Sehingga, semuanya terang benderang.

“Semuanya diperiksa,” ucapnya.

Sementara sopir dan asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo akan diperiksa minggu depan.

Seperti diketahui, muncul informasi yang menyebut bahwa sebenarnya Irjen Ferdy Sambo ternyata tidak ikut di dalam rombongan mobil yang hendak pulang dari Magelang ke Jakarta.

Komnas HAM berjanji akan mendalami informasi tersebut untuk memastikan benar atau tidaknya.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam.

“Memang kami akan dalami apakah Pak Sambo ini masuk dalam rombongan itu,” ujar Choirul Anam, dikutip dari kanal YouTube Humas Komnas HAM, Sabtu 30 Juli 2022.

Atau kah pakai rombongan yang lain, (atau) pakai moda transportasi yang lain,” tuturnya menambahkan.

Pihak Komnas HAM juga mengaku sudah mendapat informasi Irjen Ferdy Sambo tidak ikut dalam rombongan mobil tersebut.

Akan tetapi Anam menyebut dirinya akan segera memeriksa terlebih dahulu informasi tersebut untuk dapat membandingkannya dengan bukti-bukti yang lain.

“Kami memang mendapatkan informasi bahwa pak sambo tidak berada dalam rombongan tersebut. Tetapi ini masih informasi yang sifatnya dari satu pihak,” ucap Anam.

“Kami akan cek dengan pihak yang lain. Kami akan cek dengan dokumen yang lain. Kami akan membandingkan dengan bukti-bukti yang lain,” tambahnya.

Anam berharap sekali agar pengecekan serta pembandingan dari informasi tersebut dapat mengungkap kasus Brigadir J seterang mungkin.

Sumber: pojoksatu
Foto: Foto Brigadir Joshua Hutabarat dengan Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi (ist)
Ferdy Sambo dan Istri Tak Kunjung Diperiksa Hingga Kini, Ini Alasannya Menurut Komnas HAM Ferdy Sambo dan Istri Tak Kunjung Diperiksa Hingga Kini, Ini Alasannya Menurut Komnas HAM Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar