Breaking News

Didik Rachbini: Demokrasi Indonesia Dibajak Oleh Pelaku Demokrasi Sendiri


Demokrasi di Indonesia sudah tidak murni lagi. Bahkan, semangat demokrasi dibajak oleh orang-orang untuk memuluskan kepentingan tertentu.

Bahkan, Rektor Universitas Paramadina Didik J. Rachbini mengatakan, nilai-nilai demokrasi telah dibajak oleh pelaku demokrasi itu sendiri.

"Demokrasi itu dibajak oleh pelopor dan pelaku demokrasi. Jadi setelah tahun 1998 mereka buta dan melabrak apa saja, termasuk (menciptakan) pasal penghinaan presiden,” ucap Didik kepada wartawan, Minggu (10/7).

Didik mengatakan, pasal penghinaan terhadap presiden tidak perlu masuk dalam Rancangan KUHP yang kini pembahasannya masih bergulir di DPR RI.

Pasalnya, kata dia, Indonesia sebagai negara demokrasi tidak perlu parno dengan adanya kritik dari rakyat terkait kebijakan pemerintah yang selama ini kontroversi di tengah masyarakat.

"Sebenarnya pasal penghinaan presiden ada dalam hubungan pribadi-pribadi, ini diangkat-angkat ke dalam jabatan. Nanti mengkritik itu akan dianggap menghina. Jadi ini merupakan praktik anti-demokrasi yang sudah melingkupi seluruh sudut-sudut parlemen, aparat negara,” terangnya.

Dia meminta agar seluruh tokoh intelektual kritis terhadap pemerintah guna menyelamatkan Indonesia dari upaya-upaya tidak baik kelompok tertentu yang mengedepankan kepentingan pribadinya sendiri.

"Kelompok intelektual, akademisi tidak boleh diam melihat kondisi seperti ini. Kita harus sensitif dengan kondisi sekitar,” pungkasnya. 

Sumber: rmol
Foto: Rektor Universitas Paramadina Didik J. Rachbini/Net
Didik Rachbini: Demokrasi Indonesia Dibajak Oleh Pelaku Demokrasi Sendiri Didik Rachbini: Demokrasi Indonesia Dibajak Oleh Pelaku Demokrasi Sendiri Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar