Breaking News

Selamat! Jakarta Juara Pertama The 2022 WSIS Prizes untuk Inovasi Sistem Pengendalian Banjir


Gubernur DKI Jakarta, baru saja mengumumkan jika Sistem Pengendalian Banjir DKI Jakarta menjadi juara dalam ajang penghargaan The 2022 WSIS Prizes pada kategori ICT Applications EScience.

WSIS (World Summit on the Information Society adalah konferensi tingkat dunia yang diselenggarakan oleh Telecommunication Union (ITU), PBB untuk teknologi komunikasi dan informasi.

Kemenangan ini dikonfirmasi oleh Anies Baswedan melalui postingan instagramnya pada Jumat, 3 Juni 2022.

"Jakarta menjadi juara karena mampu membawa sistem pengendalian banjir yang bisa membantu memprediksi potensi bencana sebelum terjadi dan mengoptimalkan pengendalian ketika terjadi banjir," tulis Anies.

Pengetahuan dan pengalaman petugas akan dikumpulkan ke dalam sistem informasi sehingga mempermudah dan mempercepat pengambilan keputusan dalam pengendalian banjir ke depan” tambahnya.

Jakarta mampu mengungguli 4 finalis lain yaitu ZTE Corporation dari Tiongkok,Biomedical Neuroscience Institut dari Universitas Chili, Artificial Intelligence Laboratory dari Universitas Udinese di Italia, dan Universitas Putri Nora binti Abdul Rahman dari Arab Saudi.

Pemberian penghargaan The 2022 WSIS Prizes dilakukan di Jenewa yang diwakili oleh Dinas Kominfotik dan Jakarta Smart City.

Sistem ini merupakan kerja sama dari berbagai pihak di Dinas Sumber Daya Air, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan pertahanan, Badan Penanggulan Bencana Daerah, Jakarta Smart City, serta PT XL Axiata dan SAS Institute.

Jakarta sebelumnya pernah menjadi juara pertama ajang ASEAN ICT Awards 2021 untuk kategori Public Sector.

"Terima kasih kepada semua yang telah bekerja dan berkolaborasi membangun sistem ini. Penghargaan yang diraih adalah bentuk pengakuan global terhadap inovasi, komitmen dan persistensi kita," kata Anies.

"Namun sebenarnya penghargaan tertinggi bagi Pemprov DKI Jakarta adalah kemajuan kota dan kebahagiaan warga Jakarta, dan kita tidak akan berhenti untuk selalu mengejarnya,” ujar Anies Baswedan.***

Sumber: hops
Foto: Jakarta menjadi juara karena mampu membawa sistem pengendalian banjir. (Instagram @aniesbaswedan)
Selamat! Jakarta Juara Pertama The 2022 WSIS Prizes untuk Inovasi Sistem Pengendalian Banjir Selamat! Jakarta Juara Pertama The 2022 WSIS Prizes untuk Inovasi Sistem Pengendalian Banjir Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar