Breaking News

Rumah Makan Padang Jual Olahan Babi & Pakai Nama Babiambo, Budayawan Minang: Ini Memicu Kemarahan Masyarakat Minang


Viral sebuah Rumah Makan Padang bernama Babiambo yang menjual masakan berbahan olahan daging babi.

Selain menghebohkan jagad maya, hal itu juga mendapatkan respon dari dari sejumlah tokoh, termasuk salah satunya adalah budayawan Minangkabau, Gamawan Fauzi.

Tokoh yang juga merupakan Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut memberikan komentar terkait kehadiran rumah makan padang berbahan babi tersebut.

Dalam komentar tersebut, Gamawan mengatakan bahwa penamaan Babiambo bisa memicu kemarahan masyarakat Minang, sebab dinilai tak sejalan dengan falsafah orang Minangkabau. 

"Ada 2 hal yang menurut saya bisa memicu kemarahan masyarakat Padang (Minang). Pertama soal nama BABIAMBO. Nama itu bagi masyarakat Minang diartikan sebagai Babi saya. Pemberi nama sepertinya sengaja me-Minangkan nama restorannya yang bermenu daging babi,” ujar Gamawan seperti yang dilansir oleh tim tvOnenews.

“Tak jelas apa maksudnya, apakah sekadar melakukan galehnya (dagangan) atau ada maksud Iain, yaitu merusak tradisi prinsip Minang yang menganut falsafah Adat bersendi syarak, syarak bersendi Kitabullah," lanjutnya.

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan adanya rumah makan khas Minangkabau di Jakarta yang menjual makanan olahan dari daging babi. 

Rumah makan tersebut bernama Babiambo dan terletak di Jalan Gading Elok Utara III, Blok FV2 nomor 9, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Usai kehebohan tersebut, petugas dari Reskrim Polsek Kelapa Gading pada Jumat (10/6/2022) sore mendatangi rumah Sergio, selaku pemilik rumah makan padang tersebut.

Kini ia sedang menjalani pemeriksaan di Polsek Kelapa Gading. 

Sumber: tvonenews
Foto: Mantan Menteri Dalam Negeri sekaligus budayawan Minangkabau, Gamawan Fauzi/Sumber : ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak/via VIVA
Rumah Makan Padang Jual Olahan Babi & Pakai Nama Babiambo, Budayawan Minang: Ini Memicu Kemarahan Masyarakat Minang Rumah Makan Padang Jual Olahan Babi & Pakai Nama Babiambo, Budayawan Minang: Ini Memicu Kemarahan Masyarakat Minang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar