Breaking News

Polri Selidiki Kasus Foto Stupa Borobudur yang Diedit Mirip Wajah Jokowi


Polri menyelidiki kasus foto stupa Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo, yang menyinggung soal naiknya harga masuk ke situs warisan dunia tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo menyebutkan Direktorat Siber Bareskrim Polri telah bergerak mendalami siapa pelaku yang telah membuat foto tersebut.

“Sedang didalami dan profiling oleh Siber,” kata Dedi, hari ini.

Foto Stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Jokowi viral di media sosial. Salah satu diunggah oleh Roy Suryo, melalui cuitan Twitter-nya. Namun cuitan tersebut telah dihapus setelah menimbulkan beragam respon oleh warganet.

Belakang, pakar IT tersebut kembali mengunggah URL terkait foto editan stupa Borobudur tersebut, dengan memberikan klarifikasi agar postingannya tidak diprovokasi.

Dedi pun mengimbau masyarakat untuk bijaksana dalam menggunakan sosial media dengan menghormati hak-hak orang lain. Ia juga mengingatkan bahwa sekali bermedia sosial maka akan menyisakan jejak digital yang dapat membuat seseorang berhadapan dengan hukum.

“Dalam menggunakan medsos harus bijak, menghormati hak-hak orang lain, menjaga toleransi dan persatuan serta kesatuan. Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ITE,” kata Dedi.

Sumber: suara
Foto: Foto editan patung Budha mirip Jokowi. (Twitter) --
Polri Selidiki Kasus Foto Stupa Borobudur yang Diedit Mirip Wajah Jokowi Polri Selidiki Kasus Foto Stupa Borobudur yang Diedit Mirip Wajah Jokowi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar