Breaking News

Heboh Restoran Menu Rendang Babi, Guspardi Gaus: Penghinaan dan Melukai Perasaan Masyarakat Minang


Legislator Daerah Pemilihan II Sumatera Barat (Sumbar) Guspardi Gaus mengkritik keras adanya makanan nonhalal di menu khas Minang seperti dilakukan sebuah restoran Babiambo di Kelapa Gading, Jakarta.

Sebab, restoran itu menawarkan menu Nasi Bakar Babi, Rendang Babi, Gulai Babi, dan sebagainya.

“Penghinaan dan melukai perasaan masyarakat Minang, baik di ranah maupun di rantau,” kata Guspardi melalui layanan pesan, Jumat (10/6).

Guspardi menduga pemilik restoran di Kelapa Gading itu hanya memanfaatkan, dan mendompleng ketenaran menu khas Sumbar untuk usahanya dengan menawarkan makanan nonhalal.

“Namun (dia) mengabaikan etika dan merusak tradisi dan citra masakan padang serta menyalahi adat dan budaya masyarakat Minangkabau,” jelas legislator Fraksi PAN itu.

Guspardi meminta Pemprov DKI Jakarta mencabut izin usaha restoran yang menawarkan makanan Sumbar.

Menurutnya, tindakan restoran itu mencederai filosofi masakan tanah Minang yang terkenal dengan kehalalan.”Tidak lupa diminta kepada Kementerian Informatika dan Informasi (Kominfo) juga bertindak dengan memblokir semua akun media sosial babiambo,” kata anggota Baleg DPR RI itu.

Sebelumnya, Ketua Gebu Minang DKI Jakarta Fauzi Bahar mengecam produk Rendang Babi yang dibuat restoran Babiambo di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Produk Rendang Babi ini kemudian heboh di Twitter, Jumat (10/6) kemarin. Hal itu kemudian memantik berbagai reaksi netizen.

Fauzi pun mengatakan menu Rendang Babi sudah mencederai dan menyakiti hati masyarakat Minangkabau. “Kami akan demo restorannya,” ungkap Fauzi kepada jpnn.com, Jumat ini. 

Sumber: fajar
Foto: Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengaku menolak untuk dikarantina oleh petugas Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (dok Jawapos.com)
Heboh Restoran Menu Rendang Babi, Guspardi Gaus: Penghinaan dan Melukai Perasaan Masyarakat Minang Heboh Restoran Menu Rendang Babi, Guspardi Gaus: Penghinaan dan Melukai Perasaan Masyarakat Minang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar