Breaking News

6 Fakta Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde


Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss akhirnya ditemukan usai 12 hari pencarian, pada Rabu (8/9/2022) pagi waktu Swiss. Penemuan jenazah Eril dipastikan setelah pihak Kepolisian Bern melakukan tes DNA terhadap jenazah Eril.

Berikut sejumlah fakta ditemukannya jasad Eril usai tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss :

1. Jasad Eril Ditemukan oleh Penjaga Pintu Air Sungai Aare

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyatakan, bahwa jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan oleh penjaga pintu air Sungai Aare, Swiss.

"Dari hasil komunikasi dengan Kepolisian setempat bahwa jenazah Eril ditemukan oleh kepolisan penjaga pintu air," kata Dedi.

2. Lokasi Penemuan Jasad Eril Sejauh 6 Km

Koresponden Sindonews di Bern, Krisna mengatakan, jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde atau sejauh 6 km dari lokasi awal Eril terseret.

Diketahui Bendungan Engehalde memiliki tiga pintu air untuk pembangkit listrik, dengan kondisi air yang jernih. Krisna mengungkap, bahwa lokasi ditemukannya jenazah putra Gubernur Jawa Barat tersebut sering dilalui warga.

"Orang lewat setiap hari, karena tempatnya sebelah kiri adalah hutan, sebelah kanan adalah hutan, dan ini memang tempat untuk jalur jalan kaki," kata Krisna saat dihubungi.

3. Jenazah Eril Sudah Dipastikan Lewat Forensik dan Tes DNA
 
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad mengungkap, bahwa jenazah yang ditemukan kepolisian Bern pada Rabu 8 Juni adalah Emmeril Kahn Mumtaz.

"Pada Kamis 9 juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Eril," kata Muliaman.

Konfirmasi tersebut, kata Muliaman, disampaikan usai kepolisian Bern melakukan investigasi forensik atas jasad yang ditemukan tewas di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni kemarin.

4. Jenazah Eril Ditemukan, Ridwan Kamil: Kami Tenang

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersyukur karena jenazah anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss, berhasil ditemukan. Dirinya mengaku merasa tenang sekarang.

"Alhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami," tulis Kang Emil, sapaan akrabnya di akun Instagramnya @ridwankamil, Kamis (9/6/2022).

Kang Emil berterima kasih kepada semua pihak yang membantu proses pencarian Eril. Kemudian, kepada pihak yang ikhlas mendoakan Eril.

5. Keluarga Berharap Jenazah Eril Tiba di Indonesia pada Akhir Pekan
 
Paman Eril, Elpi mengatakan, pihak keluarga berharap jenazah Eril tiba di Tanah Air, pada akhir pekan ini untuk kemudian dimakamkan sesuai syariat Islam. Pihak keluarga memastikan, akan segera menyempurnakan hak Eril sebagai muslim dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya.

"Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril (Emmeril) untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril sebagai muslim. Apabila dia wafat, hendaklah dia diantarkan, disucikan, disholatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya," tutur Elpi Nazmuzzaman, paman Emmeril dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Meski begitu, lanjut Elpi, pihaknya belum bisa memastikan kapan jenazah Eril tiba di Tanah Air. Dia berharap, jenazah putra sulung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu tiba di Tanah Air akhir pekan ini.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan akan tiba di Indonesia, tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat- cepatnya sesuai waktu yang memungkinkan, sesuai dengan situasi dan kondisi sumber daya yang mendukung," katanya.

"Harapan kami bisa tiba di Indonesia pada hari Sabtu atau Ahad (Minggu)," sambung Elpi.

6. KBRI Bern Akan Kawal Jenazah Eril Sampai ke Indonesia

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan bahwa pihaknya akan mengawal proses kepulangan jenazah Emmeril Khan Mumtadz atau Eril hingga tiba di Indonesia.

"KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi ananda Eril ke Tanah Air. KBRI juga akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," kata Muliaman.

Muliaman mengatakan, Kementerian Luar Negeri juga akan memfasilitasi kedatangan jenazah dan rombongan keluarga Eril dari Swiss setibanya di Indonesia nanti.

Sumber: okezone
Foto: Pencarian putra Ridwan Kamil di Sungai Aare, Swiss beberapa waktu lalu (foto: dok Kemenlu)
6 Fakta Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde 6 Fakta Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar