Breaking News

Satpol PP Bireun Bongkar Paksa Pembangunan Masjid, Pengurus: Apa Salahnya Muhammadiyah Bangun Masjid


Sejumlah personel Satpol PP Bireun melakukan penyitaan dan membongkar paksa tiang Masjid Taqwa Muhammadiyah Sangso Samalanga Kabupaten Bireun.

Menanggapi kejadian tersebut, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti langsung memberikan tanggapan. Ia berharap ada respon dari aparatur keamanan dan pembela kebebasan beragama.

“Semoga ada respon dari aparatur keamanan dan pembela kebebasan beragama,” ujar Prof Mu’ti melalui akun twitternya @Abe_Mukti sembari membagikan sebuah link video youtube terkait peristiwa tersebut.

Dikutip dari laman infomu.co (situs milik persyarikatan Muhammadiyah), diketahui penghentian pembangunan masjid milik Muhammadiyah itu sudah beberapa kali terjadi. Bila selama ini dilakukan sekelompok orang yang tidak senang dengan pembangunan masjid, maka kali ini dilakukan oleh sekolompok oknum Satpol PP dengan menggunakan seragam resmi. Tak jelas apa yang menjadi alasan pembongkaran itu dilakukan.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samalanga, mengatakan, di bulan fitri ini pihaknya kembali ingin melanjutkan pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah di Sangso itu setelah sekian lama terhenti. Tapi pembangunan masjid itu selalu mendapat penolakan dengan berbagai dalih. Salah satunya adalah menyebut Muhammadiyah sebagai wahabi dan itu sesat.

Ketua PCM Salanga Ustadz Yahya menjelaskan, Kamis (12/5/2022), pekerjaan pembangunan masjid milik Muhammadiyah sudah berjalan semenjak tiga hari yang lalu, yaitu pembangunan tiang beton dilakukan oleh tiga orang pekerja.

Pada Selasa (10/5/2022) pekerjaan berjalan dengan normal tidak ada hambatan kemudian pekerja terus melakukan pengecoran tiang bangunan. Pada hari kedua Rabu (11/5/2022) datanglah Kapolsek Peudada dan Kapolsek Mamplam memberikan arahan agar pembangunan tidak dilanjutkan. Kemudian pada Kamis (12/5/2022) datang tim Satpol PP Biruen bersama tim gabungan yang terdiri dari Polri, Pihak kecamatan serta unsur lainnya, menggunakan kendaraan mobil Reo.

Dalam kesempatan tersebut pihak kecamatan mengimbau pekerja berhenti untuk melakukan aktivitas pembangunan. Permintaan penghentian pekerjaan itu ditandai dengan surat dari pihak kecamatan. Sebab berkembang isu bila pembangunan masjid itu dilanjutkan berpotensi menimbulkan keributan.
 
Saat peristiwa kedatangan Satpol PP Biruen yang melakukan pembongkaran mal-tiang beton masjid terjadi pertengkaran antara unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samalanga dengan oknum Satpol PP. PCM Samalangan menanyakan alasan oknum Satpol PP melarang dan menghentikan pembangunan masjid itu.

Kata Ustaz Yahya, bila ada yang menyebutkan adanya oknum yang tidak setuju dengan pembangunan Masjid itu, minta ditunjukkan siapa orang tidak setuju. Kalau ada menyebut akan ada isu kerusuhan akibat pembangunan itu, siapa oknum yang akan melakukan kerusuhan. Hal ini tidak pernah dijelaskan, sehingga Muhammadiyah di sana menjadi heran dan menyesalkan oknum Satpol PP sampai membongkar dan mengangkut material besi yang sudah dirakit untuk tiang masjid sampai diangkat dari lokasi.

Ustaz Yahya menyampaikan juga kepada pihak kecamatan agar dapat dipertemukan dengan pihak-pihak yang menolak pembangunan Masjid Muhammadiyah di Sangso itu untuk mendapatkan kejelasan dan dialog terbuka.

“Sayang pemerintah dalam hal ini tidak melakukannya. Itu yang disesalkan Muhammadiyah,” ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Desa Sangso, Lukman, menyesalkan tindakan pihak Satpol PP yang datang ke lokasi pembangunan Masjid Muhammadiyah kemudian langsung memberhentikan pembangunan, serta menyita besi yang sudah dirakit sepanjang tiga meter, papan mal cor tiang juga diangkut dengan mengunakan truk reo.

Jelas Lukman, awalnya mereka tidak menunjukkan surat apapun kepada kami, cuma mengatakan ini ini instruksi Pak Bupati. Pertanyaan Lukman adalah, Benarkah Bupati Biruen menginstruksikan Satpol PP menghentikan dan membongkar tiang masjid yang sedang dibangun? “Tak ada penjelasan untuk pertanyaan ini,” kata Lukman kecewa.

Pimpinan Muhammadiyah di Kabupaten Biruen meminta agar semua pihak berhenti untuk melakukan provokasi dan menghentikan pembangunan Masjid ini apalagi dengan paksanaan. “Apa salahnya Muhammadiyah membangun masjid di Sangso Biruen,” kata Pimpinan Muhammadiyah Cabang dan Ranting di sana.

Sumber: fajar
Foto: Tangkapan layar pembongkaran tiang pancang masjid di Bireun/Net
Satpol PP Bireun Bongkar Paksa Pembangunan Masjid, Pengurus: Apa Salahnya Muhammadiyah Bangun Masjid Satpol PP Bireun Bongkar Paksa Pembangunan Masjid, Pengurus: Apa Salahnya Muhammadiyah Bangun Masjid Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar