Breaking News

Rocky Gerung : Kaos Elon Musk Simbol Tolak Investasi di Indonesia, Pilih Thailand


Pengamat politik Rocky Gerung menanggapi keputusan produsen mobil listrik terbesar di dunia, Tesla untuk berinvestasi di Thailand senilai Rp1,2 triliun.

Menurut Rocky Gerung, Tesla memilih berinvestasi di Thailand ketimbang Indonesia. Padahal sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menemui CEO Tesla Inc, Elon Musk di markasnya, Gedung Stargate Space, Texas, Amerika Serikat pada Sabtu (14/5/2022) waktu setempat.

Saat itu, Elon Musk menyambut Jokowi dengan menggunakan kaos oblong berkelir hitam bergambar astronot dan bumi.

Sambutan Elon Musk yang hanya memakai kaos oblong saat menerima Presiden Jokowi sempat menuai kontroversi. Ia dianggap tak menghormati Presiden Jokowi.

Setelah pertemuan itu, Jokowi mengatakan Elon Musk akan datang ke Indonesia pada November 2022.

Rocky Gerung menyebut orang setingkat Elon Musk pasti sudah mendapatkan laporan tentang tajam tentang reputasi Jokowi sebelum bertemu di Stargate Space.

“Elon Musk pasti baca laporan Greenpeace Indonesia tentang kerusakan lingkungan. Jadi, Elon Musk jauh lebih paham tentang Indonesia dari Pak Jokowi karena Pak Jokowi dikasih bagian yang baik-baik aja kan,” kata Rocky Gerung saat berbincang dengan jurnalis senior Hazairin Sitepu atau Bang HS di Graha Pena Radar Bogor, Minggu (29/5/2022).

“Jadi di depan Pak Jokowi, Elon Musk menganggap ‘saya tahu Anda lebih dari Anda tahu saya’. Kan Pak Jokowi gak mungkin tahu rahasia Tesla atau Space X itu. Tapi Elon Musk tahu reputasi Pak Jokowi karena semua datanya Jokowi, artinya rezim itu, termasuk Pak Luhut di situ, pasti dikenal oleh unit intelijen bisnisnya Elon Musk,” tambah Rocky.

Jadi dari awal, kata Rocky Gerung, Elon Musk kemungkinan hanya basa-basi saja untuk menerima Jokowi.

“Karena itu, dia (Elon Musk) tunjukkan bahwa dia pakai kaos dan kaosnya itu lambangnya bumi yang hijau dan langit yang biru,” jelas Rocky Gerung.

Menurut Rocky, koas Elon Musk merupakan simbol penolakan sekaligus hinaan kepada Indonesia.

“Lambang itu sebetulnya adalah hinaan terhadap Indonesia yang perusak lingkungan, perusak demokrasi. Kan mesti kita baca di situ,” bebernya.
Elon Musk pakai kaos oblong terima Presiden Jokowi.

Rocky menanggapi pernyataan Jokowi dan Luhut Pandjaitan yang mengatakan tim Elon Musk akan masuk ke Indonesia pada November mendatang.

Indonesia pun telah menyiapkan lokasi untuk pengembangan proyek Tesla di Kalimantan Utara.

“Pada waktu diucapkan itu, mereka gak tahu bahwa Elon Musk memutuskan untuk masuk ke Thailand. Karena itu, kemarin beritanya mengagetkan. Elon Musk ternyata investasinya ke Thailand,” beber Rocky.

Rocky memprediksi Indonesia hanya akan dijadikan sebagai pasar Tesla, bukan sebagai tempat investasi.

“Indonesia dapat apa? Ya dapat mobil Tesla juga dalam bentuk jadi, dijual. Jadi cuma tempat jualan doang, bukan tempat perakitan, apalagi riset tentang nikel,” katanya.

“Kalau riset tentang nikel ya Elon Musk tahu lah siapa yang menguasai nikel di Indonesia tuh. Nama Pak Luhut pasti muncul lagi di situ,” tandas Rocky Gerung.

Diskusi lengkap Bang HS bersama Rocky Gerung dengan tema ‘Indonesia Masa Depan’ akan dimuat di Radar Bogor grup pekan ini.

Sumber: pojoksatu
Foto: Presiden Joko Widodo saat bersama Elon Musk/Net
Rocky Gerung : Kaos Elon Musk Simbol Tolak Investasi di Indonesia, Pilih Thailand Rocky Gerung : Kaos Elon Musk Simbol Tolak Investasi di Indonesia, Pilih Thailand Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar