Breaking News

Megawati Absen di Pernikahan Adik Jokowi, Pakar: Kode Hubungan Sedang Tak Baik


Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menyebut absennya Megawati dan Puan Maharani dalam pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, merupakan kode hubungan antara Jokowi dengan PDIP sedang tak baik. Adapun pernikahan Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman digelar di Solo, Jawa Tengah kemarin.

"Saya melihatnya sedang ada hubungan yang tak baik antara Jokowi dengan Megawati dan Puan. Jika hubungannya baik, maka baik Megawati dan Puan pasti akan memprioritaskan datang di acara nikah adiknya Jokowi," ujar Ujang saat dihubungi Tempo, Jumat, 27 Mei 2022.

Ujang menduga, salah satu alasan yang membuat hubungan keduanya tak baik karena masalah perpanjangan masa jabatan. Ia mengatakan ada salah satu pihak yang ingin agar masa jabatan presiden menjadi tiga periode, namun ditolak hingga akhirnya ide itu kandas.

"Soal 3 periode, itu soal pertarungan Jokowi dengan Megawati," kata Ujang.

Sementara itu politikus senior PDIP, Hendrawan Supratikno, mengaku tak mengetahui alasan Puan dan Megawati absen di acara tersebut. Ia menyebut tak ada pembicaraan mengenai hal itu di internal PDI Perjuangan.

"Enggak ada info (soal alasan absen Megawati dan Puan)," kata Hendrawan.

Ditemui terpisah, Ketua DPR Puan Maharani menjelaskan tidak dapat mengikuti secara langsung acara pernikahan itu karena ada kegiatan yang harus dihadiri di Bali pada waktu bersamaan. Ia mesti menjadi salah satu pembicara pada rapat pleno yang membahas evaluasi jangka menengah Kerangka Kerja Sendai (Sendai Framework).

Meski begitu, Puan mengucapkan selamat atas pernikahan Anwar Usman dengan Idayati.

“Saya mengucapkan selamat kepada mempelai berdua. Mohon maaf tidak bisa hadir,” kata Puan Maharani saat ditemui usai menghadiri rangkaian acara Global Platform for Disarter Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Badung, Bali.

Anwar Usman resmi menikah dengan Idayati di Graha Saba Solo, Kamis, pukul 09.00 WIB. Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertindak sebagai saksi akad nikah Idayati, sementara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi saksi dari Anwar Usman.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddn Umar turut terlibat dalam acara itu. Ia memberi nasihat pernikahan untuk dua mempelai. Sejumlah tokoh hadir pada acara pernikahan adik Jokowi tersebut, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sumber: tempo
Foto: Pernikahan Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman/Net
Megawati Absen di Pernikahan Adik Jokowi, Pakar: Kode Hubungan Sedang Tak Baik Megawati Absen di Pernikahan Adik Jokowi, Pakar: Kode Hubungan Sedang Tak Baik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar