Breaking News

Jokowi Ajak Masyarakat Berhemat, Pengamat: Tunda Pembangunan IKN!


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat agar berhemat guna mengantisipasi segala kemungkinan krisis di masa depan. Alasannya, dunia sedang dihadapi ketidakpastian global, seperti persoalan kenaikan harga energi dan bahan pangan yang membelit sejumlah negara.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menggatakan berhemat sebaiknya dimulai dari pemerintah. Menurut dia, Jokowi dapat memulainya dengan menunda pembangunan IKN.

"Kalau Jokowi menunda pembangunan IKN, maka pemerintah sudah melakukan penghematan luar biasa. Pemerintah juga akan dinilai rakyatnya sudah melakukan pembangunan berdasarkan skala prioritas," kata Jamil kepada Poskota, Jumat (27/5/2022).

Jamil menjelaskan, contoh tersebut diperlukan karena masyarakat Indonesia masih suka menyontoh pimpinannya. Jika pimpinannya memintah rakyat berhemat dan hal itu diikuti dengan contoh nyata, maka mayoritas rakyatnya akan berperilaku sama.

"Sebaliknya, rakyat akan menertawakan pemimpinnya yang hanya bisa menyarankan tapi tanpa contoh. Pemimpin seperti itu tidak akan diikuti oleh rakyatnya," ujar Jamil.

Selain itu, kata Jamil, perilaku hemat memang sudah menjadi tuntutan masyarakat modern. Sebab itu, pemerintah memang sudah seharusnya berhemat dalam menggunakan anggaran. Hal itu memang harus dilakukan ada tidaknya krisis.

"Jadi, kiranya kurang tepat bila Jokowi mengajak masyarakat berhemat untuk mengantisipasi kemungkinan krisis di masa depan. Ajakan berhemat sudah seharusnya digemakan kepada masyarakat karena Indonesia sudah menjadi nehara modern," tandas Jamil.(*)

Sumber: poskota
Foto: Presiden Joko Widodo. (foto: biro pers)
Jokowi Ajak Masyarakat Berhemat, Pengamat: Tunda Pembangunan IKN! Jokowi Ajak Masyarakat Berhemat, Pengamat: Tunda Pembangunan IKN! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar