Breaking News

Fakta dan Sosok Joko Suranto 'Crazy Rich' Grobogan Bangun Jalan Rp 2,8 M di Era Jokowi, Sumber Uang


Viral di media sosial, Joko Suranto, pengusaha asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah memperbaiki sendiri jalan yang puluhan tahun rusak dan diabaikan pemerintah setempat.

Perbaikan dilakukan dengan cara mengecor badan jalan hingga mulus.

Joko Suranto sekaligus crazy rich asal Grobogan pun rela menggelontorkan dana miliaran rupiah dari kantong pribadinya agar warga tak lagi menderita akibat jalan berlubang dan bergelombang.

Kebaikan hati Joko Suranto seolah menjadi tamparan bagi pemerintah setempat yang punya tanggung jawab memperbaiki jalan kabupaten itu.

Apa yang dilakuakn Joko Suranto di era pemerintahan Presiden Jokowi pun kini menuai pujian.

Lalu, siapa sebenarnya Joko Suranto?

1. Profil

Joko Suranto merupakan pengusaha properti asal Grobogan, namun dia menjalankan bisnis di Jakarta, ibu kota negara.

Kini, Joko Suranto dikenal sebagai salah satu crazy rich asal Grobogan.

Dia menjadi menjadi pengusaha sukses yang berangkat dari nol.

Dulunya dia merupakan penjual koran yang memilih merantau demi merubah nasib.

Lalu, bekerja di bank, namun tak bertahan lama.

Dia kemudian banting setir membangun bisnis sendiri.

Sukses di Jakarta, namun alumnus Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret (UNS) di Solo, Jawa Tengah itu tak melupakan kampung halamannya.

Keluarganya menetap di Karangrayung, Grobogan sehingga dia mudik ke wilayah itu.

2. Lokasi jalan 

Jalan yang diperbaiki Joko Suranto berada di Kecamatan Karangrayung.

Jalanan tersebut menghubungkan 3 desa di Karangayung, yakni Desa Welahan, Desa Jetis, dan Desa Ngampu.

Panjang jalan yang dibeton 1,8 Km.

Dia pun harus menggelontorkan duit senilai Rp 2,8 miliar agar jalan di desanya mulus dan bisa dinikmati warga.

3. Trending di Twitter

Kedermawanan Joko Suranto pun menjadi perbincangan warganet hingga trending di media sosial Twitter.

Banyak yang memuji dia.

Berikut ini sebagian kicauan yang dikutip.

Pemilik akun @ApaansiRen menulis kicauan, "Ini salah satu bentuk tamparan keras bagi pemerintah ketika ada warga sipil bangun jalan sendiri. Gue gatau siapa yang akan sakit hati, tapi semoga nurani kalian yang terpilih dari jalannya seorang lansia ke tps untuk memilihmu waktu itu tidak sekeras aspal jalanan grobogan."

Pemilik akun @fridalestari_ menulis kicauan, "I can confirm jalanan grobogan is bad af and whoever this crazy rich is, hats off sir."

Pemilik akun @GyulaliJaeruk menulis kicauan, "Sebagai warga grobogan kalian kalo mau ngerasain pijatan alami motoran gih dari gubug sampe kota. Atau dari kota ke wirosari aja deh minimal. Dijamin punggung kalian jadi mantap. Mantap encoknya."

Pemilik akun @changbbeen menulis kicauan, "Sebagai warga kabupaten grobogan, merasakan banget jalan berlubang sampe jalan miring di mana-mana itu aja yang bolong seringnya ditembel doang, trus sebulan dua bulan bolong lagi malah kadang jadi lebih gede bolongnya."

Pemilik akun @DionoSapae menulis kicauan, "Grobogan masih Jateng kan ya?. Jangan sampai nanti ada narasi : Kalau saya jadi presiden akan lebih mudah bikin jalan!"

Pemilik akun @pratama1984 menulis kicauan, "Semoga amal pak Joko (Suranto) diterima dan diberikan balasan yg berlipat ganda oleh Yang Maha Esa...Aamiin Catatan: jalannya bisa dilalui masyarakat umum secara gratis kan ya Pak..."

Pemilik akun @aLy_Bima menulis kicauan, "Pemda auto senang ga keluarin biaya. Seorang Crazy Rich Kabupaten Grobogan, Jateng, Joko Suranto, rela menggelontorkan dana pribadi sampai Rp2,8 miliar untuk memperbaiki jalan yang rusak sepanjang 1,8 km."(*)

Sumber: tribunnews
Foto: Warganet membuat meme untuk membandingkan sosok crazy rich Grobogan, Joko Suranto dengan Presiden RI, Joko Widodo/INSTAGRAM.COM/@RAMADHAN.ERICK
Fakta dan Sosok Joko Suranto 'Crazy Rich' Grobogan Bangun Jalan Rp 2,8 M di Era Jokowi, Sumber Uang Fakta dan Sosok Joko Suranto 'Crazy Rich' Grobogan Bangun Jalan Rp 2,8 M di Era Jokowi, Sumber Uang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar