Breaking News

Buru Bus Listrik Transjakarta, Anies Pilih Produk Inggris


Dalam rangkaian kunjungan ke Inggris, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyaksikan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan penyedia sekaligus produsen bus berbasis listrik, Switch Mobility Limited di UK, London pada Jumat sore (13/5) swaktu setempat.

Anies menjelaskan bahwa MoU pemburuan bus listrik ini merupakan bentuk komitmen PT Transjakarta dalam menghadirkan bus listrik sebagai armada masa depan.

Mantan Mendikbud ini mengungkapkan alasan mengapa Anies memiliki penyedia bus listrik asal Inggris, Sebab, Inggris memiliki inovasi di bidang teknologi, pembiayaan serta model pengadaan yang cukup berkembang pesat.

“Melaui MoU ini, diharapkan Transjakarta memiliki akses yang lebih luas kepada penyedia elektric bus tidak hanya lokal tapi juga berbahan belahan dunia lain, terutama Inggris,” kata Anies Baswedan seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Penandatangan nota kesepahaman tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta M. Yana Aditya dan Sarwant Singht selaku Chief Planning Officer Switch Mobility Limited.

Hadir pula dalam acara, Richard Graham MP Prime Minister’s Trade Envoy to Indonesia, Kedubes Indonesia untuk London Desra Percaya, Asisten Perekonomian dan keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta Yoga Adiwinarto.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, M Yana Aditya mengapresiasi adanya kerjasama tersebut. Menurutnya, Transjakarta yakin bisa mendukung capaian Net Zero Emission melalui kehadiran bus Listrik sebagai transportasi publik ramah lingkungan di Jakarta

Yana menambahkan, saat ini masih dalam tahap penjajakan dengan Switch Mobility Limited yang rencananya akan melakukan ujicoba bus mereka di jalur Transjakarta.
Ujicoba dilakukan seuai dengan Standar Pelayanan Minimun (SPM) yang berlaku dari aspek pengujian dan standar operasional Transjakarta.

“Kami ingin memastikan pemenuhan kebutuhan implementasi bus listrik bagi pelanggan bisa terpenuhi secara maksimal,” kata Yana.

Proses ujicoba diharapkan bisa berjalan pada kuartal ke-2 tahun kalender 2023 mendatang. Selanjutnya apabila ujicoba berjalan sesuai harapan, kedua belah pihak bisa melanjutkan kerjasama ini untuk secara resmi beroperasi melayani pelanggan.

Sumber: rmol
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertemu dengan Menteri PerdaganganInggris Anne-Marie Trevelyan MP/Ist
Buru Bus Listrik Transjakarta, Anies Pilih Produk Inggris Buru Bus Listrik Transjakarta, Anies Pilih Produk Inggris Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar