Breaking News

Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 Miliar, Sebagian buat Sirkuit


Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni memaparkan biaya penyelenggaraan balap mobil listrik itu mencapai angka Rp120 miliar hingga Rp130 miliar.

"Untuk aspalnya saja kan hampir Rp60 miliar, selebihnya pembangunan grandstand dan segala macamnya," kata Ahmad Sahroni di Jakarta, Kamis 26 Mei 2022.

Biaya terbesar digunakan untuk pembangunan sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer di Ancol. Proyek pengaspalan trek itu dikerjakan oleh kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama dengan anggaran Rp 60 miliar. Sirkuit itu memiliki 18 tikungan dengan bentuk menyerupai kuda lumping.

Selain biaya sirkuit Formula E, panitia juga membangun fasilitas pendukung lain, yaitu panggung penonton hingga paddock. 

Panitia menjual 60 ribu tiket Formula E, yang terdiri dari lima kategori kelas, yakni Festival Ancol, Festival Circuit, grandstand, VIP dan VVIP. Harga tiket termurah adalah Festival Ancol yaitu Rp250 ribu, namun pengunjung hanya bisa menyaksikan balapan dari layar lebar. 

Tiket termurah untuk menyaksikan balapan secara langsung adalah kelas Festival Circuit, yaitu Rp 450 ribu, belum termasuk pajak 15 persen. Menurut Sahroni tiket Festival Circuit masih tersedia, namun hampir habis. Begitu pula tiket grandstand seharga Rp 750 ribu, belum termasuk pajak.     

Tiket kelas VIP dan VVIP, yaitu kategori Jakarta Royal Suite Rp10 juta sudah habis terjual. 

Sirkuit Akan Dipakai 7 Agenda Lain

Sirkuit permanen di Ancol itu nantinya juga dipakai untuk tujuh agenda lain. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengatakan Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) itu tidak hanya dipakai untuk balap mobil listrik. 

"Selesai Jakarta E-Prix, masih ada 7 kegiatan di Sirkuit Formula E pada tahun ini, sudah di-booked," kata Widi, 19 Mei lalu.   

Widi tidak merinci 7 kegiatan tersebut. Dia mengatakan JIEC tidak hanya dipakai sebagai arena balapan, melainkan sebagai lokasi kegiatan otomotif.

Sirkuit Formula E Jakarta itu mempunyai trek sepanjang 2,4 kilometer dengan lebar jalan 12 meter. Sirkuit Formula E terletak di sisi timur kawasan wisata Ancol dan mempunyai latar belakang stadion baru Jakarta International Stadium (JIS).

Sumber: tempo
Foto: Sirkuit Formula E/Net
Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 Miliar, Sebagian buat Sirkuit Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 Miliar, Sebagian buat Sirkuit Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar