Breaking News

Ahli: Pj Gubernur DKI Orang Jokowi, Gibran Berpeluang Menang Pilgub DKI 2024


Pakar politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai Gibran Rakabuming Raka secara kualitas belum cocok untuk memimpin Provinsi DKI Jakarta. Anak sulung Presiden Jokowi itu disebut-sebut mulai dilirik partai untuk menjadi Calon Gubernur DKI di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. "Soal kualitas dan kapasitas (Gibran) sih belum cukup. Namun namanya juga politik, bisa saja dia maju," ujar Ujang saat dihubungi pada Senin, 23 Mei 2022.

Menurut Ujang, jalan Wali Kota Solo itu ke Ibu Kota bakal terbuka jika Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan adalah orangnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Gibran punya kans menang di Pilkada mendatang. "Kemungkinan jika Pj yang ditunjuk, siapapun dia, merupakan orangnya Jokowi. Kalau sudah begitu, jika Gibran maju, kans menangnya ada," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga masih menjabat sebagai presiden hingga Oktober 2024, sementara Pilkada digelar November 2024. "Hanya jeda sebulan," katanya. Namun, kata dia, saat ini kondisi peta politik masih belum jelas. Elektabilitas tokoh yang masuk ke bursa cagub DKI juga belum terlihat. Pasangan calon juga belum jelas, begitu pula partai koalisinya. "Jadi, saat ini sih semuanya masih punya peluang yang sama, siapapun dia," tutur Ujang.

Pemilihan kepala daerah atau Pilkada akan dilakukan secara serentak pada November 2024. Meski masih dua tahun lagi pesta demokrasi itu digelar, beberapa bakal calon gubernur DKI juga telah muncul dalam bursa nama. Gibran itu sempat ditemui sejumlah elite politik. Dia bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Sumber: tempo
Foto: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka/Net
Ahli: Pj Gubernur DKI Orang Jokowi, Gibran Berpeluang Menang Pilgub DKI 2024 Ahli: Pj Gubernur DKI Orang Jokowi, Gibran Berpeluang Menang Pilgub DKI 2024 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar