Breaking News

Puan Maharani Gagas Islam Merah Putih, Akankah Gantikan Islam Nusantara?


Ketua DPR RI, Puan Maharani dikabarkan akan menggagas sebuah ide baru di dunia agama dan perpolitikan Tanah Air, yakni Islam Merah Putih.

Tujuan Puan Maharani ciptakan Islam Merah Putih lantaran ingin membuat keseimbangan antara nasionalisme dengan agama.

Rencana Puan Maharani menggagas Islam Merah Putih tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Jaringan Moderasi Beragama Indonesia, Islah Bahrawi.

Bahrawi juga menyebutkan, melalui Islam Merah Putih, Puan Maharani ingin mencegah maraknya politik identitas berdasarkan agama sebagai alat mencari suara saat Pemilu.

“Ibu Puan Maharani menghadirkan keseimbangan antara nasionalisme dan agama. Untungnya dengan konsep ini, ruang atau celah bagi mereka yang memakai politik identitas berdasarkan agama jadi tertutup," kata Bahrawi, dikutip dari suara.com pada Kamis, 28 April 2022.

Ide Islam Merah Putih yang digagas oleh Puan Maharani akan berada di posisi tengah atau netral untuk semua kalangan, tidak terlalu ke kiri dan tidak terlalu ke kanan.

"Gagasan Islam Merah Putih itu adalah politik tengah, tidak terlalu ke kiri, tidak terlalu ke kanan juga dan itu menjadi keuntungan tersendiri,” jelas Bahrawi.

Potret Puan Maharani bersama ulama Indonesia, Cak Nun gagasan Puan terkait Islam Merah Putih
Bahrawi mewanti-wanti agar masyarakat tidak perlu adu mulut terkait ide yang dibawakan oleh Puan Maharani lantaran dianggap sebagai aliran baru.

Selain itu, karena sebelumnya telah digagas oleh Nadhlatul Ulama (NU) sebuah pemikiran Islam baru dengan disebutnya Islam Nusantara.

Bahrawi berharap masyarakat Indonesia tidak perlu mempermasalahkan gagasan Islam Merah Putih sebagaimana ummat Islam Indonesia mempermasalahkan Islam Nusantara.

Ia juga mengatakan konsep yang Puan Maharani ciptakan melalui Islam Merah Putih tidak ada unsur keanehan, melainkan akan dihadirkannya sebuah terobosan baru.

"Konsep ini sama sekali tidak ada yang aneh, justru muncul sebagai terobosan baru yang sangat keren; ketika nasionalisme dan spiritualisme digandeng dalam satu kesatuan yang seimbang," terang Bahrawi.

Bahrawi menegaskan hanya orang yang pintar saja yang dapat menerima serta memahami maksud Puan Maharani menggagas sebuah terobosan baru yakni Islam Merah Putih.

"Bahwa ada yang menafsirkan aneh, ya sama dengan Islam Nusantara yang dianggap seakan aliran baru dalam Islam, saya katakan, memang yang model begini, hanya orang cerdas saja yang paham, hanya orang-orang yang mau berpikir,” tegas Bahrawi.***

Sumber: hops
Foto: Potret Puan Maharani kenakan kerudung menggagas ide Islam Merah Putih
Puan Maharani Gagas Islam Merah Putih, Akankah Gantikan Islam Nusantara? Puan Maharani Gagas Islam Merah Putih, Akankah Gantikan Islam Nusantara? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar