Breaking News

Mahasiswa Kelompok Cipayung Jatim Fokus Soroti Kelangkaan Minyak Goreng dan Kenaikan Harga BBM


Para mahasiswa dari berbagai elemen di Jawa Timur bakal menggelar aksi unjuk rasa. Dilansir dari JPNN Jatim (jatim.jpnn.com), aksi antara lain bakal digelar aliansi mahasiswa Kelompok Cipayung Jatim.

Mereka bakal menggelar aksi menyoroti soal kelangkaan minyak goreng hingga kenaikan harga BBM.

Dalam rencana aksinya para mahasiswa kelompok Cipayung Jatim enggak menyoroti soal wacana presiden tiga periode.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD GMNI) Jawa Timur Edwin Rilo Pambudi beralasan, aksi hanya menyoroti hal yang berkaitan langsung dengan rakyat kecil.

“Jadi, hasil dari konsolidasi kemarin, fokusnya ke (kenaikan harga BBM) sama ke harga sembako saja,” katanya, Minggu (10/4).

Dia tak menampik isu Jokowi tiga periode, penundaan Pemilu, hingga pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) sempat menjadi isu sentral yang dibicarakan di ajang pra-konsolidasi.

Namun, ada persoalan yang lebih sensitif yang harus ditangani terlebih dahulu. Yakni soal kelangkaan minyak goreng dan kenaikan harga BBM.

“(Isu Jokowi tiga periode dan IKN) biar teman-teman yang lain saja. Kami mengawal isu yang berdampak langsung kepada masyarakat bawah,” katanya.

Lalu soal waktu unjuk rasa, pihaknya belum menentukan dengan pasti. Akan tetapi, diperkirakan akan digelar pada pekan depan. “Nanti kami akan rapatkan lagi, entah kami akan ambil 11 April atau hari-hari berikutnya,” kata Rilo.

Seperti diketahui, pada Senin (11/4), mahasiswa akan menggelar unjuk rasa besar-besaran di depan Istana Negara, Jakarta.Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) itu akan menyampaikan sejumlah tuntutan kepada Presiden Joko Widodo.

Massa akan mendesak dan menuntut Presiden Joko Widodo untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap wacana penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena dianggap melanggar konstitusi negara.

Kedua, menuntut dan mendesak Jokowi menunda dan mengkaji ulang Undang-Undang IKN, termasuk pasal-pasal bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi, dan kebencanaan.

Ketiga, mendesak dan menuntut Jokowi menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di pasaran.

Keempat, mendesak dan menuntut Jokowi mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.Kelima, mendesak dan menuntut Jokowi menyelesaikan konflik agraria di Indonesia.

Terakhir, menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf Amin berkomitmen penuh menuntaskan janji-janji kampanye pada sisa masa jabatan. 

Sumber: fajar
Foto: Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat melakukan demo tolak Jokowi 3 periode di Cirebon. Foto: Dedi Haryadi/radarcirebon.com--
Mahasiswa Kelompok Cipayung Jatim Fokus Soroti Kelangkaan Minyak Goreng dan Kenaikan Harga BBM Mahasiswa Kelompok Cipayung Jatim Fokus Soroti Kelangkaan Minyak Goreng dan Kenaikan Harga BBM Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar