Breaking News

Lagu Indonesia Raya Dilantunkan di Masjid Jelang Salat Tarawih, MUI: Melecehkan Agama Maupun Bangsa


Beberapa waktu ini beredar sebuah video berdurasi 2 menit 7 detik viral di media sosial. Video ini dibagikan berkali-kali di aplikasi percakapan WhatsApp dan medsos lainya.

Dalam video tersebut seejumlah jamaah masjid berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Seorang pria mengenakan baju koko dan kopiah putih memimpin jemaah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Terdengar jemaah tampak kompak bernyanyi di dalam masjid dua lantai tersebut.

Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya jemaah berdiri dan melanjutkan shalat tarwih bersama.

Perekam video juga memperlihatkan beberapa sudut ruangan masjid. Salah satunya mimbar yang berada di samping ruang imam salat.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Umum MUI Sulsel, Dr KH Muammar Bakry Lc MA menyebut agama maupun negara masing-masing memiliki nilai kesakralan tersendiri jadi masing-masing harus ditempatkan pada proporsinya.

Dekan Fakultas Syariah UIN Alauddin Makassar ini menjelaskan, syiar agama yang ditolerir dilaksanakan adalah yang tidak bertentangan dengan syariah dan akal sehat mainstream umat Islam. Syiar seperti ceramah agama sebelum tarawih, zikir wirid dan sejenisnya.

“Sebaiknya kegiatan seperti ini tidak perlu dilakukan agar tidak terkesan melecehkan agama maupun bangsa,” imbuhnya.

Meski demikian dirinya mengimbau kepada umat Islam agar menyikapi masalah ini dengan bijak karena boleh jadi ada oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi ini untuk menjatuhkan golongan tertentu.

Sumber: fajar
Foto: Tangkapan Layar
Lagu Indonesia Raya Dilantunkan di Masjid Jelang Salat Tarawih, MUI: Melecehkan Agama Maupun Bangsa Lagu Indonesia Raya Dilantunkan di Masjid Jelang Salat Tarawih, MUI: Melecehkan Agama Maupun Bangsa Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar