Breaking News

Jokowi Merasa Bangga 7 Tahun Berhasil Bangun 1.900 Km Tol


Pembangunan jalan tol di era Presiden Joko Widodo berhasil melampaui panjang tol yang berhasil dibangun oleh pemerintahan sebelumnya pada jangka waktu 40 tahun yang lalu. Hal ini yang membuat Jokowi merasa bangga.

"Pak Menteri PU, sudah berapa kilometer yang dibangun dalam tujuh tahun ini? 1.900 kilometer. Yang sebelumnya 40 tahun, 780 kilometer,"ujar Jokowi dalam acara Penandatanganan Perjanjian oleh INA Tahun 2022 di Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (14/4).

Melesatnya pembangunan jalan tol hingga periode keduanya sekarang ini, dipaparkan Jokowi, adalah karena berhasil membuat skema pembiayaan yang berbeda dari pemerintahan sebelumnya.

"Apa yang berbeda dari situ? Saya lihat problemnya adalah selalu pembiayaan, tidak mencari alternatif-alternatif pembiayaan," tuturnya.

Jokowi menyebutkan, selama ini pemerintah sebelumnya tak begitu baik dalam pembangunan jalan tol lantara tergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), maupun ketergantungan pada keuangan yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Atau diserahkan kepada swasta, yang juga ternyata dalam sekian tahun juga tidak berjalan dengan baik," katanya.

Oleh karena itu, mantan Walikota Solo ini menyatakan bahwa pemerintah telah meluncurkan Indonesia Investment Authority(INA), sebuah alternatif skema pembiayaan yang dapat digunakan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Jokowi berharap, melalui skema ini akan muncul multiplier effect bagi perekonomian Indonesia melalui kerjasama investasi yang dilakukan oleh INA dengan Hutama Karya dan Waskita Karya mencakup investasi pada proyek di Jalan Tol Trans-Sumatra dan Jalan Tol Trans-Jawa.

"Saya senang karena membayangkan yang namanya Jalan Tol Trans Sumatra dari Lampung sampai ke Aceh, 2.900 kilometer. Kalau hitung-hitung biayanya per kilometer 90-100, 10 miliar per kilo(meter)nya, kebutuhan anggarannya berapa? Gede sekali," demikian Jokowi. 

Sumber: rmol
Foto: Presiden Jokowi/Net
Jokowi Merasa Bangga 7 Tahun Berhasil Bangun 1.900 Km Tol Jokowi Merasa Bangga 7 Tahun Berhasil Bangun 1.900 Km Tol Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar