Breaking News

Namanya Masuk Penceramah Radikal, UAS Ungkap Perjuangan Ceramahnya: Di beberapa Tempat Dihadang


Belakangan ini nama Ustaz Abdul Somad (UAS) kembali jadi perbincangan hangat usai masuk daftar penceramah radikal.

Hal tersebut terlihat dalam daftar penceramah terindikasi intoleran dan radikal yang beredar di grup-grup WhatsApp.

Tangkapan layar Whatsapp tersebut lantas diunggah oleh akun Instagram @felix.siauw, pada 5 Maret 2022.

Dalam daftar tersebut, nama Abdul Somad berada di urutan kelima setelah M. Ismail Yunanto, Felix Siauw, Hafidz Abdurrahman, dan Fatih Karim.

Setelah namanya jadi perbincangan hangat, Abdul Somad secara tak terduga blak-blakan ungkap fakta terkait pengalaman ia berceramah.

Ia mengaku di beberapa tempat di hadang, bahkan sampai visa di luar negeri ikut dibatalkan.

Hal itu diungkapkan Abdul Somad saat berkunjung ke YouTube Refly Harun, yang diunggah pada pada 10 Maret 2022.

"Saya ini dibebarapa tempat dihadang, Visa-visa saya di luar negeri dicancel 

Visa entry yang sudah dapat dibatalkan. Ada yang dibatalkan di airport, ada yang sudah sampai sana disuruh pulang, di beberapa tempat," kata Ustadz Abdul Somad.

Abdul Somad lantas lontarkan candaan jika saat diundang berdialog dengan Refly Harun bisa membersihkan namanya, namun menurutnya namanya makin hitam usai dikelompokan ke dalam orang yang melawan.

"Saya berharap dengan dialog dengan Refly Harun itu memperbaiki, memutihkan nama saya, tapi nampaknya petang ini malah makin hitam. Karena pikir saya akan dikelompokan dalam orang yang melawan," ujar UAS.

Di sisi lain, Istana akhirnya buka suara terkait nama-nama penceramah radikal yang tersebar melalui pesan berantai di WhatsApp. 

Ada dua nama Ustaz yang jadi perhatian publik, yakni Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Felix Siauw. 

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Rumadi Ahmad memastikan, daftar nama-nama penceramah Radikal itu bukan berasal dari pemerintah. 

"Saya tidak tahu dari mana asalnya. Yang jelas pemerintah tidak pernah menyebutkan soal nama (Ustaz radikal)," tegas Rumadi dalam siaran pers, di Jakarta, Rabu 9 Maret 2022.

Dia meminta masyarakat tidak terpancing dengan informasi yang belum jelas sumbernya.

Namun begitu, dia menekankan bahwa pernyataan Presiden Joko Widodo terkait penceramah radikal, yang disampaikan saat rapat pimpinan TNI-Polri, merupakan hal faktual dan bukan mengada-ada.

Sumber: fin
Foto: UAS Ajak Laki-laki yang Beragama Islam untuk Sholat di Masjid-@ustadzabdulsomad_official-Instagram
Namanya Masuk Penceramah Radikal, UAS Ungkap Perjuangan Ceramahnya: Di beberapa Tempat Dihadang Namanya Masuk Penceramah Radikal, UAS Ungkap Perjuangan Ceramahnya: Di beberapa Tempat Dihadang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar