Breaking News

Warga Tewas Ditembak saat Demo Tolak Tambang, Polri Bakal Tindak Tegas Anggota Bersalah


Polri menyatakan akan menindak tegas anggota kepolisian yang terbukti bersalah terkait tewasanya satu warga saat demo menolak tambang di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Komitmen pimpinan Polri masih sangat jelas, kita akan menindak secara tegas terhadap siapapun anggota yang terbukti bersalah di dalam suatu peristiwa yang terjadi di Parigi Moutong tersebut. Ini komitmen kami," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (14/2/2022).

Dedi mengungkapkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajarannya untuk mengusut tuntas peristiwa tersebut.

"Secepatnya perintah pimpinan polri untuk kasus itu diungkap setuntas-tuntasmya," ujar Dedi.

Dalam hal ini, kata Dedi, proses pembuktian tersebut akan menghadirkan tim Labfor. Hasilnya nanti akan dipantau dan dimonitor Propam Polri dan Humas Polri.

“Hari ini sesuai perintah Bapak Kapolri, memerintahkan 1 tim dari Div Propam juga dibackup dari Div Humas Polri untuk langsung berangkat ke Sulteng dan Parigi Moutong," ujar Dedi.

Sebagaimana diketahui, massa berunjuk rasa dengan memblokir jalan di Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah.

Aksi demo berakhir ricuh antara warga dan aparat kepolisian. Satu warga pun tewas tertembak.

Awalnya, ratusan warga yang menolak pertambangan turun ke jalan dan menutup ruas jalan Trans Sulawesi. Aparat kepolisian lalu datang ke lokasi untuk membubarkan aksi demo tutup jalan tersebut.

Polisi membubarkan paksa massa aksi yang berjalan selama 12 jam ini. Hal itu agar jalan bisa digunakan kembali oleh pengguna jalan lainnya.

“Karena jalan Trans Sulawesi tidak bisa ditutup, sementara untuk korban yang meninggal Kabid Propam akan turun langsung dan menindak tegas anggota bila melanggar,” kata Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Rudi Sufaryadi, Minggu (13/2/2022).

Sumber: okezone
Foto: Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. (Sindo)
Warga Tewas Ditembak saat Demo Tolak Tambang, Polri Bakal Tindak Tegas Anggota Bersalah Warga Tewas Ditembak saat Demo Tolak Tambang, Polri Bakal Tindak Tegas Anggota Bersalah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar