Breaking News

Proyek Satelit Kemhan Rugikan Negara Rp 1 Triliun, Tokoh NU Tak Percaya Ryamizard Korupsi


Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Syadad Hasibuan atau Gus Umar mengaku tak percaya jika proyek satelit Kementerian Pertahanan telah merugikan negara hingga hampir Rp 1 Triliun.

Proyek satelit militer itu dibuat tahun 2015. Saat itu, Ryamizard Ryacudu menjabat sebagai menteri pertahanan.

Ia pun juga mengaku jika Ryamizard melakukan tindak pidana korupsi pada kasus tersebut.

“Saya kok gak percaya kalau pak Ryamizard korupsi. Dia menantu pak Tri dan gak mungkin neko-neko,” ucapnyua dilansir fajar.co.id dari laman twitter pribadinya, Jumat (14/1/2022).

Diketahui, Menko Polhukam Mahfud MD mendapat langsung perintah Presiden mengusut proyek pada tahun 2015 yang diduga merugikan negara Rp1 triliun.

“Hari Rabu kemarin, saya melaporkan kepada Bapak Presiden dan Presiden Jokowi memerintahkan saya untuk meneruskan dan menuntaskan kasus ini,” ujar Mahfud MD dalam keterangannya, Jumat (14/1/2022).

Mahfud MD menjelaskan, pemerintah memang sudah beberapa kali membahas kasus satelit Kemhan tersebut dalam rapat.

Termasuk, mendiskusikan bersama Menteri Pertahanan, Menkominfo, Menteri Keuangan, Panglima TNI, dan Jaksa Agung.

Mahfud menyatakan bahwa kasus itu telah membuat negara mengalami kerugian hampir Rp1 triliun.

Kerugian itu berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan dalam pengelolaan Satelit untuk Slot Orbit 123 derajat Bujur Timur yang terjadi sejak 2015. [fajar]

Foto: Umar Syadad Hasibuan atau Gus Umar/Net
Proyek Satelit Kemhan Rugikan Negara Rp 1 Triliun, Tokoh NU Tak Percaya Ryamizard Korupsi Proyek Satelit Kemhan Rugikan Negara Rp 1 Triliun, Tokoh NU Tak Percaya Ryamizard Korupsi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar