Breaking News

Pengamat: Sindiran Anies Lebih Menghibur dan Rasional Ketimbang Giring


Sindiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai lebih menghibur dan rasional ketimbang Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha. 

Hal ini menyusul sindir menyindir antara Anies dan Giring di media sosial yang mengundang respons publik.

Pendukung Anies Baswedan dan Giring tentu punya respons berbeda terhadap aksi sindir menyindir tersebut. 

Pendukung Anies akan nyinyir terhadap sindiran Giring. Sebaliknya, pendukung Giring akan merespons negatif terhadap sindiran Anies.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, mengatakan sindir menyindir tersebut bakal berdampak terhadap Anies Baswedan dan Giring. 

Dampaknya akan positif atau negatif tergantung dari kualitas sindiran yang disampaikan Anies dan Giring.

"Sindiran yang dikemukakan Anies terhadap Giring tampaknya lebih mengalir dan rasional. Karena itu, sindiran yang disampaikan Anies akan lebih menghibur dan dapat diterima akal masyarakat," kata pria yang akrab disapa Jamil ini, Rabu (19/1/2022).

Jamil melanjutkan, sindiran yang dilayangkan Giring tampak lebih vulgar. 

Sebab itu, peluang masyarakat terhibur tampaknya lebih kecil.

"Aksi sindir menyindir tersebut tampaknya akan lebih menguntungkan Anies daripada Giring. Dampak tersebut kiranya berlaku bagi masyarakat diluar pendukung Anies dan Giring," kata Jamil.

Anies Baswedan dan Giring Ganesha sebelumnya saling sindir usai Giring mengkritik penyelenggaraan Formula E di Ancol, Jakarta Utara.

Saat itu Giring mendatangi lokasi sirkuit Formula E di Ancol dan merekam aksinya dalam video. 

Dalam video itu, mantan vokalis band Nidji itu mengkritik habis Anies Baswedan lantaran lokasi sirkuit masih banyak yang berupa tanah berlumpur.

"Gue enggak habis pikir uang rakyat Jakarta dihambur-hamburkan seperti ini, terus proyek ambisius buat nyapres ini, ya Allah...," kata Giring yang saat itu kejeblos di kubangan lumpur.

Usai aksi Giring tersebut, Anies lalu mengecek sound system Jakarta International Stadium (JIS), stadion sepak bola yang tengah dibangun Pemprov DKI.

Namun Anies menggunakan cara yang tak biasa dalam mengecek sound system JIS. 

Anies mengundang Nidji, grup band yang dulu menjadi tempat Giring bernaung.

Saat tampil, Nidji membawakan beberapa lagunya untuk mengecek sound system JIS. Mendengar lagu-lagu yang dibawakan tersebut, Anies pun memuji penampilan Nidji. 

"Spektakuler! Melihat penampilan band Nidji saat uji coba sound system JIS semalam, sambil inspeksi 93 persen ketuntasan pembangunan stadion. Musiknya menggelegar, suaranya merdu, tidak ada sumbang-sumbangnya," ujar Anies Baswedan dalam laman Facebook miliknya, Senin (17/1/2022). [poskota]

Foto: Kolase Anies Baswedan bersama grup band Nidji dan Giring Ganesha. (Foto: Diolah dari google).
Pengamat: Sindiran Anies Lebih Menghibur dan Rasional Ketimbang Giring Pengamat: Sindiran Anies Lebih Menghibur dan Rasional Ketimbang Giring Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar