Breaking News

NASA Merilis Letusan Gunung Berapi Tonga Lebih Kuat Dari Bom Atom di Hiroshima


Letusan gunung berapi di Tonga yang memicu tsunami ratusan kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat di Hiroshima selama Perang Dunia Kedua. Begitu bunyi keterangan yang dirilis oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA.

Letusan itu bahkan "melenyapkan" sebuah pulau vulkanik di utara ibu kota Tonga, Nuku'alofa.

Sebelum letusan, seperti dikabarkan BBC, pulau vulkanik Hunga Tonga dan Hunga Ha'apai adalah dua pulau terpisah yang bergabung dengan daratan baru yang terbentuk pada tahun 2015.

NASA mengatakan, letusan terbaru di Tonga begitu kuat sehingga semua daratan baru itu pun hilang, bersama dengan "bongkahan besar" dari dua pulau yang lebih tua.

Foto sebelum dan sesudah ledakan gunung berapi di Tonga/BBC

Sementara itu, sebelumnya, pemerintah Tonga mengatakan bahwa lebih dari empat perlima penduduknya terkena dampak tsunami dan abu yang jatuh. Selain itu, tiga orang dipastikan meninggal dunia.

Meluasnya emisi abu vulkanik, gas dan partikel dari letusan menjadi ancaman baru bagi pejabat Tonga.

Segera setelah letusan dan tsunami terjadi, ada kekhawatiran bahwa sumber air telah tercemar oleh selimut abu tebal. Hal itu meningkatkan risiko penyakit seperti kolera dan diare. [rmol]

Foto: Letusan gunung berapi bawah laut Tonga Hunga Tonga-Hunga Haʻapai terlihat dari luar angkasa/Net
NASA Merilis Letusan Gunung Berapi Tonga Lebih Kuat Dari Bom Atom di Hiroshima NASA Merilis Letusan Gunung Berapi Tonga Lebih Kuat Dari Bom Atom di Hiroshima Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar