Breaking News

Dirlantas Bicara Plat Nomor Polri, Arteria Dahlan Makin Terpojok


Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo membantah pernyataan Wakil Ketua DPR RI terkait plat nomor Polri Arteria Dahlan.

“(Pernyataan Lodewijk Paulus) Tidak benar,” tegas Kombes Sambodo, dikutip dari Antara, Sabtu (22/1/2022).

Sambodo menegaskan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan plat nomor dinas untuk masyarakat sipil.

“Ditlantas Polda Metro Jaya tidak pernah mengeluarkan nomor dinas Polri (untuk Arteria),” sambung Kombes Sambodo.

Perwira menengah Polri itu menyatakan Ditlantas hanya meregistrasi dan mengidentifikasi untuk kendaraan pribadi dan umum.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Paulus menduga Arteria mendapatkan pelat nomor khusus kendaraan Polri itu dari Ditlantas.

“Secara teknis saya tidak tahu (anggota DPR lain pakai pelat Polri). Karena biasanya itu hubungan pribadi,” kata Lodewijk Paulus, Jumat (21/1/2022).

Namun, politisi Partai Golkar itu menduga Arteria mendapat fasilitas tersebut karena merupakan mitra Polri di Komisi III DPR.

“Dia kan anggota Komisi III yang menjadi mitra kepolisian. Biasa mereka dapat dari situ (Polri) plat mobil dinas Polri untuk mobil pribadinya,” sambung Lodewijk Paulus.

Sementara, Karo Penmas Divisi Humas POlri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, berdasarkan hasil pendataan Bagian Invent Biro Pal Slog Polri, nomor polisi kedinasan 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar atas nama pemilik Arteria Dahlan.

Berdasarkan aturan, pejabat setingkat eselon I dapat mengajukan pelat dinas polisi secara resmi kepada Polri.

Kemudian diproses Slog Polri dengan melampirkan STNK, BPKB, dan cek fisik kendaraan bermotor untuk registrasi, serta identifikasi.

Di sisi lain, Arteria Dahlan sebelumnya mengaku bahwa plat nomor itu adalat plat tatakan yang bisa diisi dengan plat nomor asli.

“Kalau pelat nomor itu kan saya sudah katakan, itu kan tatakan,” ujar Arteria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1).

“Tatakan itu nanti kita slot bisa pakai nomor aslinya, nomor mobil yang biasa itu, bisa pakai nomor DPR, itu tatakan,” sambungnya.

Politisi PDIPitu mengaku tidak menggunakan mobilnya jika belum memasang pelat aslinya dan mengakut tertib aturan.

“Nggak kan, coba bisa dilihat nanti. Dan pastinya kan mudah mudahan saya itu kan tertib lah,” ungkapnya.

“Iya kan, teman-teman bisa melihat bagaimana saya kerja di DPR kan. Mudah mudahan saya tertib, mudah mudahan saya bisa disiplin,” lanjutnya. (pojoksatu)

Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo/Net
Dirlantas Bicara Plat Nomor Polri, Arteria Dahlan Makin Terpojok Dirlantas Bicara Plat Nomor Polri, Arteria Dahlan Makin Terpojok Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar