Breaking News

Dilarang Masuk Kelas, 6 Siswa Ini Perjuangkan Hak Memakai Jilbab di Perguruan Tinggi


Perdebatan tentang jilbab yang dikenakan oleh wanita Muslim telah menyebabkan perselisihan di sebuah perguruan tinggi wanita di negara bagian Karnataka, India selatan.

Enam siswa remaja - di sebuah perguruan tinggi pra-universitas yang dikelola pemerintah, setara dengan sekolah menengah - telah mengaku dilarang masuk kelas selama berminggu-minggu karena mereka bersikeras mengenakan jilbab.

Pihak kampus mengatakan hanya meminta siswa untuk melepas jilbab di dalam kelas, namun mereka masih bisa memakainya di sekitar kampus. 

Keenam gadis itu mengenakan seragam perguruan tinggi - tunik longgar dengan celana dan selendang - tetapi mengatakan bahwa mereka juga harus diizinkan untuk menutupi rambut mereka.

"Kami memiliki beberapa guru laki-laki. Kami harus menutupi rambut kami sebelum laki-laki. Itulah mengapa kami memakai jilbab," kata Almas AH, salah satu siswa, kepada BBC Hindi.

Almas mengatakan ketika mereka mencoba mengenakan jilbab di tahun pertama mereka di perguruan tinggi, mereka diberitahu bahwa orang tua mereka telah menandatangani formulir yang melarang mereka melakukannya.

Pandemi Covid-19 diketahui telah membuat mahasiswa tidak masuk kuliah selama berbulan-bulan. 

Almas mengatakan mereka menyadari bahwa formulir itu hanya menyebutkan seragam wajib dan tidak mengatakan apa pun tentang jilbab.

Dia mengatakan pada akhir Desember tahun lalu, ketika mereka kembali ke kampus mengenakan jilbab, mereka tidak diizinkan masuk ke kelas.

Kepala perguruan tinggi Rudre Gowda menuduh bahwa keenam wanita itu dengan sengaja membuat masalah, karena sekitar 70 mahasiswa Muslim lainnya tidak keberatan dengan aturan tersebut.

Dia mengatakan bahwa pada awalnya, sekitar selusin wanita ingin mengenakan jilbab, tetapi jumlahnya berkurang setelah dia berbicara dengan orang tua mereka.

"Yang kami katakan adalah ketika kelas mereka dimulai, mereka harus melepas jilbab," katanya.

Dia menambahkan bahwa guru perlu melihat wajah siswa, dan seragam membantu mereka memastikan tidak ada diskriminasi di antara siswa.

Gowda malah menuduh gadis-gadis itu menggunakan media sosial (medsos) untuk mendapatkan simpati. 

Dia mengatakan mereka sering tiba di kampus setelah gerbang ditutup dan mengambil foto diri mereka sendiri, beberapa di antaranya menjadi viral.

Tapi Almas membantah hal ini, dan mengatakan bahwa foto viral baru-baru ini dari mereka yang duduk di tangga kampus diambil untuk melawan laporan berita yang mengatakan bahwa mereka diizinkan untuk menghadiri kelas.

"Kami semua kuliah setiap hari meskipun tidak diperbolehkan masuk ke dalam kelas sehingga nanti kami tidak diberitahu bahwa kami tidak memiliki kehadiran yang memadai [untuk mengikuti ujian],” ungkapnya.

Seperti diketahui, bukan hal yang aneh melihat wanita mengenakan jilbab dan burka yang menutupi wajah dan tubuh di India. 

Namun suasana yang semakin terpolarisasi dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan minoritas - Muslim dan Kristen - merasa terancam.

Dan pertikaian khusus ini terjadi di Udupi, salah satu dari tiga distrik di sabuk pantai yang sensitif secara komunal di Karnataka. 

Para ahli sering menggambarkan wilayah itu - kubu BJP sayap kanan Perdana Menteri Narendra Modi - sebagai laboratorium untuk politik mayoritas Hindu. BJP juga berkuasa di Karnataka.

Kasus-kasus main hakim sendiri dan ujaran kebencian yang berulang-ulang terhadap Muslim di wilayah tersebut telah memperdalam garis kesalahan agama dan menyebabkan munculnya kelompok-kelompok vokal yang dipimpin minoritas yang menegaskan hak mereka atas kebebasan beragama.

Dalam hal ini, misalnya, pihak kampus mengatakan persoalan semakin diperumit dengan keterlibatan Campus Front of India (CFI), sayap mahasiswa dari kelompok Islam radikal, Popular Front of India.

“Tidak ada aturan dalam buku atau dokumen apapun bahwa jilbab dilarang. Kami hanya diberitahu bahwa jika diizinkan, orang lain akan menuntut untuk memakai selendang safron,” kata Masood Manna, seorang pemimpin CFI.

Manna mengacu pada insiden baru-baru ini di distrik Karnataka lain di mana sebuah perguruan tinggi negeri melarang syal safron - warna yang dipandang sebagai simbol Hindu - dan jilbab di kampus. 

Wanita Muslim diperbolehkan untuk menutupi kepala mereka dengan selendang tetapi tidak mengikatnya dengan peniti.

Keputusan pada 2018 oleh pengadilan di negara bagian Kerala yang bertetangga menguatkan hak lembaga pendidikan atas hak individu dalam kasus yang diajukan oleh dua siswa sekolah Muslim. 

Sekolah mereka telah menolak permintaan mereka untuk mengenakan jilbab dan kemeja lengan panjang.

Saat itu, hakim A Muhammad Mustaque telah memutuskan bahwa esensi kebebasan berarti bahwa kepentingan individu harus tunduk pada kepentingan yang lebih besar.

“Jika manajemen tidak diberikan kebebasan untuk mengurus dan mengelola lembaga yang akan menggugurkan hak fundamental mereka,” tulisnya.

Tetapi advokat senior Kaleeswaran Raj mengatakan kepada BBC Hindi bahwa keputusan tersebut memperlakukan hak-hak siswa dan manajemen sebagai persaingan satu sama lain, yang tidak benar.

"Apakah Anda memiliki hak atau tidak memiliki hak. Itu adalah sesuatu yang dilindungi Konstitusi dengan semangat Pasal 25 [yang menjamin kebebasan beragama]," ujarnya.

Raj mengatakan bahwa masuk akal jika seorang guru ingin mengamati ekspresi wajah siswa untuk mengukur apakah mereka mengikuti pelajaran.

"Namun pihak manajemen tidak bisa memaksa untuk tidak mengizinkan siswa menutupi rambut mereka untuk menjaga keseragaman. Ini tidak diizinkan oleh konstitusi. Masalah ini kemungkinan akan diselesaikan di pengadilan," tambahnya.

Almas mengatakan dia bukan anggota CFI tetapi menghubungi organisasi itu ketika perguruan tinggi menghentikan mereka dari menghadiri kelas.

Masalah ini juga membuat Menteri Pendidikan Negara Bagian Karnataka ikut turun tangan.

"Saya telah meminta laporan tentang masalah ini," kata Menteri Pendidikan Negara Bagian Karnataka BC Nagesh.

"Ini pada dasarnya politik. Semua ini terjadi karena pemilihan umum dijadwalkan tahun depan," lanjutnya, mengacu pada upaya sayap politik Front Populer India untuk mendapatkan daya tarik di sabuk pantai.

Beberapa pertemuan antara pejabat perguruan tinggi, perwakilan pemerintah dan mahasiswa yang memprotes telah gagal untuk menyelesaikan masalah ini. [okezone]

Foto: 6 siswa ini perjuangkan hak memakai jilbab di perguruan tinggi (Foto: Umesh Marpally)
Dilarang Masuk Kelas, 6 Siswa Ini Perjuangkan Hak Memakai Jilbab di Perguruan Tinggi Dilarang Masuk Kelas, 6 Siswa Ini Perjuangkan Hak Memakai Jilbab di Perguruan Tinggi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar