Breaking News

Utang RI Diramal Tembus Rp 19 Ribu Triliun, Masih Mau Jadi Presiden?


Presiden  Indonesia yang terpilih dalam ajang Pilpres 2024 bakal mewarisi bergunung-gunung utang. 

Pemerintah Presiden Joko Widodo diprediksi mewariskan utang lebih dari Rp10 ribu triliun saat lengser nanti.

Prediksi besaran utang yang diwariskan Jokowi mengemuka di tengah maraknya tokoh politik yang saat ini kepedean maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024. 

Prediksi utang antara lain disampaikan mantan Sekretaris BUMN, Said Didu.

Said memprediksi warisan utang di masa pemerintahan Jokowi lebih besar dari perkiraan ekonom Didik J Racbini. 

Said mengatakan jika ditambah utang BUMN, Presiden Jokowi akan mewariskan utang tambahan sebesar Rp 18 hingga Rp 19 ribu triliun.

"Kalau ditambah dengan utang BUMN, perkiraan saya akan mewariskan utang sekitar Rp 18 ribu T hingga Rp 19 ribu T,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Senin (13/12/2021).

Pernyataan itu dilontarkan Said untuk menanggapi pernyataan Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J. Rachbini yang menyebut utang di pemerintahan Jokowi akan membengkak dua kali lipat.

Didik memprediksi warisan utang Pemerintahan Presiden Jokowi akan mencapai angka Rp10 ribu triliun, dengan rincian utang pemerintah saat ini sudah mencapai angka Rp 6.527,29 triliun ditambah utang BUMN Rp2.143 triliun.

Didik merinci total utang publik saat ini sudah mencapai Rp 8.504 triliun sehingga di akhir periode Jokowi, utang akan terkumpul Rp 10 ribu triliun.

Sementara, prediksi Said Didu, utang publik yang dimaksudkan olehnya adalah utang yang meliputi utang pemerintah, BUMN, dan Bank Indonesia saat ini sudah mendekati Rp 13 ribu triliun.

"Atau sudah sekitar 85 persen PDB," ujarnya. [akurat]

Foto: Presiden Joko Widodo/Net
Utang RI Diramal Tembus Rp 19 Ribu Triliun, Masih Mau Jadi Presiden? Utang RI Diramal Tembus Rp 19 Ribu Triliun, Masih Mau Jadi Presiden? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. Daftar dan bermain di MARIOWIN!!
    MIN DEPO 10K.
    ALL EVENT MARIOWIN !!!
    👉 Freespin 25% & Buyspin 20%
    👉 Bola Petir Gates of Olympus
    👉 Mix Parlay
    👉 Event SENSATIONAL
    Dan masih Banyak lagi,yok gabung !!
    kontak : 087777704732

    BalasHapus