Breaking News

Survei Parameter Politik: Ganjar Sudah di Atas Prabowo, Puan Masih Nol Koma


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden yang paling diidamkan publik jika pemilihan presiden (pilpres) digelar hari ini.

Hal tersebut terekam dalam survei yang dilakukan kolaborasi Politika Research and Consulting dan Parameter Politik Indonesia yang dirilis dalam Forum Rilis Survei Nasional bertema "Political Outlook: Meneropong Poros Koalisi Partai Politik", Senin (27/12).

Pada bagian ini, responden diajukan pertanyaan terbuka, seandainya Pemilihan Capres-Cawapres dilaksanakan hari ini, siapa menurut bapak/ibu yang paling layak dipilih sebagai Capres-Cawapres?

"Hasilnya adalah (Gubernur Jawa Tengah) Ganjar Pranowo tertinggi dengan 17,2 persen, (Ketua Umum Partai Gerindra) Prabowo Subianto 16,4 persen dan (Gubernur DKI Jakarta) Anies Baswedan 9,1 persen," ujar Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting Rio Prayogo.

Melengkapi lima besar pada jawaban responden, kata Rio, ada Presiden dua periode Joko Widodo dengan catatan 6,9 persen dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 5,2 persen.

Di bawah nama-nama itu ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,0 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 2,5 persen, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaya Purnama 1,6 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,1 persen dan Ketua DPR RI Puan Maharani 0,8 persen persen.

"Sementara masih ada responden yang menjawab tidak tahu atau rahasia 28,4 persen," pungkasnya.

Survei dilakukan pada medio 12 November hingga 4 Desember 2021 dengan melibatkan 1.600 responden di 34 provinsi dengan kriteria berusia setidaknya 17 tahun atau sudah menikah.

Metode yang dipakai dalam survei adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [rmol]

Foto: Kolase Ganjar Pranowo dan Puan Maharani/Net
Survei Parameter Politik: Ganjar Sudah di Atas Prabowo, Puan Masih Nol Koma Survei Parameter Politik: Ganjar Sudah di Atas Prabowo, Puan Masih Nol Koma Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar