Breaking News

Sambutan Awal Tahun 2022 Ditandai Lonjakan Harga BBM dan Kenaikan Kebutuhan Pokok Masyarakat


Covid 19 masih menyisir sejumlah lonjakan harga, ditengah aktivitas ekonomi masyarakat yang belum stabil terdapat kebutuhan pokok masyarakat Indonesia hingga akhir tahun 2020 pun kian melambung. Laman Informasi Pangan Jakarta mencatat, contoh saja cabai rawit merah Rp 103.171 per kilogram dan telur ayam tembus di angka tertinggi Rp 30.171 per kilogram lalu, minyak goreng curah rata-rata Rp 19.645 per liter. 
 
Kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat akan disambut dengan rencana penghapusan BBM dibawah RON 92 Premium dan Pertalite pada tahun 2022.

Kebijakan pemerintah Indonesia dengan wacana penghapusan pertalite dan premium  dapat berpotensi resesi ekonomi dan gejolak politik hingga 2024.

Asusmsi kenaikan harga BBM bukanlah untuk menyesuaikan harga minyak dunia melainkan dalil ramah lingkungan dengan mengunakan bahan bakar RON 92 atau jenis Pertamax yang dibanderol seharga Rp 9.000 per liter , namun hal ini sudah tertinggal jauh yang menjadi landasan negara-negara di kawasan Asia Tengara menyediakan kepentingan BBM bagi masyarakat yang ramah lingkungan dengan harga murah, menggunakan kandungan oktan / RON 95 bukan lagi 92.

Apakah pemerintah Indonesia menyediakan BBM ramah lingkungan dan murah  ?

Sejenak kita mengkaji kebijakan Pemerintah Joko Widodo dengan perbandingan harga BBM di Malaysia dan Vietnam yang telah menggunakan bensin dengan kandungan oktan / RON 95, untuk harga BBM termurah ditempati  Malaysia di kawasan Asia sebesar Rp 5.647,60 dan Vietnam Rp 8.764.56 per liter sejak januari 2020 hal ini berdasarkan data  Global Petrol Price pada 29 Juni 2020.

Kebijakan pemerintah Indonesia memanipulasi harga minyak dunia dengan menyediakan BBM ramah lingkungan yang mahal mencirikan rezim yang yang tidak berpihak kepada kesejahteraan rakyat.

Nazar LM.
Pengamat Politik

Foto: Ilustrasi BBM berkualitas dari Pertamina dengan Pertamax Series dan Dex Series.(Dok. Pertamina)

Disclaimer : Rubrik Kolom adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan oposisicerdas.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi oposisicerdas.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.
Sambutan Awal Tahun 2022 Ditandai Lonjakan Harga BBM dan Kenaikan Kebutuhan Pokok Masyarakat Sambutan Awal Tahun 2022 Ditandai Lonjakan Harga BBM dan Kenaikan Kebutuhan Pokok Masyarakat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar