Breaking News

Saleh Daulay: Perlu Dipastikan Petugas Kebersihan Wisma Atlet Tertular Omicron dari Mana?


Pemerintah diminta serius dalam menghadapi kemunculan varian Omicron di Indonesia. Salah satunya dengan memasifkan testing dan tracing.

Permintaan itu disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay setelah seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta dinyatakan positif terjangkit Omicron.

Saleh Daulay yakin petugas tersebut terjangkit dari orang lain yang mungkin pernah dirawat di sana. Sebab, petugas kebersihan hampir dipastikan tidak pernah ke luar negeri.

“Karena itu, kalaupun dia terjangkit, pasti dari orang yang pernah dirawat di sana. Atau bisa juga di luar wisma. Nah, itu yang perlu dipastikan. Testing dan tracing diperlukan untuk mengetahui peta persebarannya,” kata Saleh kepada wartawan, Kamis (16/12).

Ketua Fraksi PAN ini mengatakan varian Omicron perlu diwaspadai secara ketat oleh pemerintah Indonesia. Pasalnya, varian ini dinyatakan lebih berbahaya daripada varian sebelumnya.

“Tentu penanganannya juga lebih ekstra. Pasien yang terkonfirmasi tersebut harus ditangani secara baik. Dipastikan bahwa pasien tidak menularkan ke orang lain. Karantina dan isolasinya perlu lebih ketat,” katanya.

Pihaknya meyakini, pemerintah lebih sigap dalam menyikapi masuknya varian baru yang datang dari Afrika tersebut. Saleh juga meminta pemerintah untuk meminta para akademisi maupun epidemiolog untuk dapat mewaspadai varian baru ini.

"Mestinya, kita kan sudah siap. Tidak seperti persiapan kita ketika menghadapi varian Delta. Kita harapkan satgas mampu mengkanalisasi kasus omicron ini sehingga tidak meluas,” katanya.

Di sisi lain, masyarakat diminta untuk semakin berhati-hati dan waspada. Prokes harus ditingkatkan. Perlu saling mengingatkan dan memberitahu.

"Penerapan prokes tidak kenal levelisasi. Apa pun tingkat level PPKM-nya, prokes tetap sama. Itu yang perlu dipahami dan diterapkan bersama,” demikian Saleh. [rmol}

Foto: Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay/Net
Saleh Daulay: Perlu Dipastikan Petugas Kebersihan Wisma Atlet Tertular Omicron dari Mana? Saleh Daulay: Perlu Dipastikan Petugas Kebersihan Wisma Atlet Tertular Omicron dari Mana? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar