Breaking News

NASA Menangkap Suara Misterius Berasal dari Bulan Jupiter


NASA meluncurkan klip audio 50 detik dari flyby Ganymede Juno di pertemuan musim gugur American Geophysical Union (AGU) pada Jumat (27/12/2021).

Dihasilkan dari data yang diambil pada 7 Juni selama pendekatan terdekat pesawat ruang angkasa itu ke Ganymede.

Suara itu mirip dengan robot atau modem dial-up dan menjadi penemuan terbaru menarik dari eksplorasi misi Juno selama bertahun-tahun.

Audio berasal dari data yang dikumpulkan menggunakan instrumen Juno's Waves, yang dirancang untuk mengukur gelombang radio dan plasma yang terdeteksi di magnetosfer Jupiter, gelembung partikel bermuatan yang menyelimuti raksasa gas tersebut.

Dilansir laman The Verge, Senin (27/12/2021), Ganymede adalah bulan terbesar Jupiter dan satu-satunya bulan di Tata Surya yang memiliki magnetosfernya sendiri.

Data emisi yang dikumpulkan dari Ganymede dialihkan ke rentang audio untuk membuat rekaman, menurut badan tersebut.

Gelombang misterius dari Bulan Jupiter, ditangkap Juno NASA. [NASA]

“Soundtrack ini cukup menarik untuk membuat Anda merasa seolah-olah sedang berkendara saat Juno berlayar melewati Ganymede untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade,” kata peneliti utama Juno, Scott Bolden dari Southwest Research Institute di San Antonio.

Beberapa hari sebelum audio diambil, NASA mengumumkan bahwa pesawat ruang angkasa Juno akan berada dalam jarak 645 mil dari permukaan Ganymede, yang paling dekat dengannya.

Flyby memberikan kesempatan unik untuk mempelajari bulan, yang belum pernah dilihat pesawat ruang angkasa mendekatinya sedekat ini sejak wahana Galileo NASA berlayar melewatinya pada 2000.

Para ilmuwan terus mempelajari data Gelombang yang dikumpulkan selama terbang lintas Juno dan mencoba memecahkan kode perubahan frekuensi yang ada dalam rekaman.

Selain trek audio, pembicara lain di AGU memberikan pembaruan tentang temuan terbaru mereka dari misi Juno, termasuk eksplorasi lebih lanjut dari magnetosfer Jupiter.

Menurut temuan baru yang dikumpulkan dari anomali magnetik di dekat khatulistiwa Jupiter yang dikenal sebagai Bintik Biru Besar, Jupiter telah mengalami perubahan medan magnetnya selama lima tahun terakhir.

Bintik Biru Besar perlahan-lahan melayang ke arah timur dengan kecepatan sekitar 2 inci per detik, membutuhkan waktu 350 tahun untuk mengelilingi planet ini.

Salah satu Bulan Jupiter, Ganymede. [Sci.esa.int]

Bintik Merah Besar yang lebih dikenal, antisiklon dahsyat di selatan khatulistiwa, melayang ke arah berlawanan dengan kecepatan yang lebih cepat, mengelilingi planet ini setiap empat setengah tahun. [suara]

Foto: Juno NASA Melihat dari Dekat Bulan Jupiter Ganymede. [NASA]
NASA Menangkap Suara Misterius Berasal dari Bulan Jupiter NASA Menangkap Suara Misterius Berasal dari Bulan Jupiter Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar