Breaking News

Menteri-menteri Nonparpol Diyakini Akan Jadi Korban Reshuffle


Kabar perombakan kabinet kian santer terdengar jelang perubahan tahun. Dikabarkan reshuffle akan digelar pada tanggal 22 Desember ini.

Menanggapi beragam spekulasi reshuffle kabinet yang muncul, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin, memprediksi sejumlah menteri yang notabene adalah nonparpol akan didepak dari Kabinet Jokowi-Maruf.

"Yang akan dikorbankan menteri-menteri yang bukan dari parpol," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Ujang menilai bukan tidak mungkin Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko akan diganti dengan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.
 
Ujang juga menyebut bahwa nama Moeldoko sangat mungkin diganti oleh orang baru, termasuk Hadi Tjahjanto. Posisi Moeldoko bisa jadi hanya digeser ke pos lain.

Di satu sisi, Jokowi juga akan mengakomodir PAN dalam reshuffle nanti. Nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan paling santer disebut akan masuk kabinet.

Ujang menduga Zulhas akan menempati posisi sebagai Menko PMK yang kini diduduki Muhadjir Effendi.

"Moeldoko mungkin saja diganti. Mungkin juga Menko PMK yang akan diambil oleh Zulhas. Intinya, yang akan dikorbankan menteri-menteri yang bukan dari parpol," demikian Ujang Komarudin. (RMOL)

Foto: Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin/Net
Menteri-menteri Nonparpol Diyakini Akan Jadi Korban Reshuffle Menteri-menteri Nonparpol Diyakini Akan Jadi Korban Reshuffle Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar