Breaking News

Larangan 'Ngakak' Selama 11 Hari di Korut, Warga: Melanggar Langsung Hilang


Mengenang satu dekade wafatnya Kim Jong-il yang jatuh pada Jumat (17/12/2021), pemerintahan Kim Jong-un melarang warga melakukan kegiatan yang merusak suasana duka, termasuk tertawa dalam kurun waktu sebelas hari.

Seorang warga Korut di Kota Sinuiju yang enggan diungkap identitasnya bercerita kepada Radio Free Asia mengenai penerapan aturan selama masa berkabung ini.

“Selama masa berkabung, kami tidak boleh minum alkohol, tertawa, atau melakukan aktivitas bersenang-senang,” ujar warga itu.

Warga itu pun bercerita, pemerintah Korea Utara biasanya mengawasi pergerakan warga selama masa berkabung ini dengan ketat.

“Di masa lalu, banyak orang tertangkap minum-minum atau mabuk di masa berkabung akhirnya ditangkap dan dianggap sebagai pelaku kejahatan ideologi. Mereka dibawa dan tak pernah terlihat lagi,” ungkapnya.

“Bahkan, jika anggota keluarga kalian meninggal di masa berkabung, kalian tidak boleh menangis terlalu keras dan jasadnya hanya bisa dibawa setelah masa berkabung berakhir. Warga tidak bisa merayakan ulang tahun jika jatuh di masa berkabung,” sambungnya.

Guna membangun suasana berkabung, kepolisian sudah melakukan persiapan sejak awal Bulan Desember. Kepolisian diperintahkan untuk langsung menindak warga yang bergelagat bakal melanggar aturan.

“Dari hari pertama Desember, mereka sudah harus menindak warga yang merusak suasana duka. Itu tugas khusus mereka selama sebulan. Saya dengar, aparat penegak hukum tak bisa tidur sama sekali,” tuturnya.

Untuk menjaga suasana duka, warga juga dilarang berbelanja kebutuhan sehari-hari. Pemerintah pun memerintahkan perusahaan-perusahaan milik negara untuk mengurus orang-orang kelaparan selama masa berkabung itu.

“Keamanan harus tetap terjamin, sehingga perusahaan bertanggung jawab mengumpulkan makanan dan memberikannya ke rakyat dan karyawan yang tidak bisa bekerja karena kekurangan makanan,” katanya.

Para warga Korut mengeluhkan aturan ini. Menurut para warga, aturan ini sangat merusak waktu mereka untuk mengumpulkan uang, mencari makan di tengah krisis.

“Saya hanya berharap masa berkabung untuk Kim Jong-il hanya sepekan, seperti masa berduka untuk Kim Il-sung. Warga mengeluh karena dipaksa berduka atas kematian mereka hingga seperti orang mati,” ucap salah satu warga lainnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, masa berkabung untuk mengenang pemimpin-pemimpin Korut memang biasanya hanya berlangsung selama sepekan. Namun, masa berkabung kali ini diperpanjang karena dianggap spesial, yaitu satu dekade. [fajar]

Foto: Kim Jong-un/Net
Larangan 'Ngakak' Selama 11 Hari di Korut, Warga: Melanggar Langsung Hilang Larangan 'Ngakak' Selama 11 Hari di Korut, Warga: Melanggar Langsung Hilang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

1 komentar:

  1. Masih Anget nih ngab Situs Aman Terpercaya KERAJITU
    minimal Depo 10k Withdraw 20k Situs Deposit Pulsa Potongan 15%
    Event-event nya gede ngab
    ✅ FREESPIN 30% & BUYSPIN 20%
    ✅ JOKER JEWELS
    ✅ EVENT NATAL & TAHUN BARU ( TURNOVER TERBESAR )
    ✅ FREECHIP 15K HARI SENIN,RABU,SABTU !
    Bonus lainnya
    ✅ BONUS WELCOME 100% (SLOT)
    ✅ BONUS NEW MEMBER 10%
    ✅ BONUS HARIAN 5%
    ✅ BONUS ROLLINGAN 0,8%

    Link Daftar : KLIK DISINI

    BalasHapus