Breaking News

Laporkan Barista Gegara Hal Sepele, Selebgram 'Barbie Aceh' Ini Tuai Kecaman


Selebgram asal Aceh, Herlin Kenza menjadi sorotan gegara melaporkan barista kedai kopi. Namun, aksinya melaporkan barista itu justru menuai kecaman karena dinilai tidak masuk akal.

Cerita ini dibagikan oleh selebgram ini di akun TikTok @herlinkenza02 miliknya. Ia membagikan video seorang barista perempuan ke pihak Starbuck Indonesia.

Terlihat, selebgram yang menyebut dirinya "Barbie Aceh" ini membagikan tangkapan layar pesannya dengan pihak Starbucks Indonesia. Ia tampak berterima kasih kepada Starbucks yang telah menanggapi keluhannya dengan cepat.

"Terima kasih, sudah menanggapi keluhan saya dengan cepat. Saya sudah kirim cerita detailnya melalui email dan sudah mengirim bukti," tulisnya dalam pesan Direct Message itu seperti dikutip Suara.com, Minggu (26/12/2021).

Dalam video, barista Starbucks itu direkam saat sedang melayaninya. Namun, Herlin justru mematikan suara asli video dan menggantinya dengan musik.

Viral Selebgram 'Barbie Aceh' Ini Tuai Kecaman Gegara Laporkan Barista. (TikTok/@herlinkenza02)

Herlin diduga tidak terima dengan perlakuan barista yang dinilainya kurang ramah. Padahal, barista itu disebut hanya memintanya dengan sopan untuk bergeser menunggu orderannya di bagian pick up.

Rupanya, sikap barista itu membuat pebisnis Aceh itu tidak terima. Ia merekam dan melaporkan barista itu ke pihak Starbucks Indonesia.

Tak sampai di situ, Herlin juga menyebarkan video wajah barista itu di akun TikTok miliknya. Ia juga tidak memberikan kronologi lengkap dan justru mempermalukan barista itu di ruang publik.

Hal itu rupanya banyak warganet emosi. Salah satu akun Twitter bernama @BudePji bahkan membuat thread yang berisi kritikan tajam kepada Herlin yang dinilai semena-mena.

"Udah begini banget ya situasi selebgram selebtok selebnyuk di Indo. Darurat manners, no heart, yang penting buru-buru ajak para fans untuk bully online rame-rame. Udah mana posting gajeboh, kronologi ngga ada, laporan ke CS juga udah, masih aja mau diblow up lagi. Bgst juga lama-lama," kecam @BudePji.

Lebih lanjut, akun ini juga bingung dengan standar kesopanan selebgram tersebut. Apalagi, sang selebgram membagikan video karyawan Starbucks itu tanpa menuliskan apapun.

"Bude penasaran definisi sopan atau tidak sopannya si mbak seleb ini apa. Biar kita netizen juga bisa make a well-informed judgement terhadap mbak pegawai starbucks. Ngga hanya sepotong-potong liat klip 15 detik bikin aku jadi planga plongo ngga ngerti salahnya di mana," lanjutnya.

Terakhir, akun ini bahkan mempertanyakan apakah Herlin tidak tahu hukum. Pasalnya, aksinya menyebarluaskan wajah pegawai Starbucks itu bisa mendapatkan hukuman pidana.

"Udah gitu ya, selebnyuk ini viralin muka orang pada ngerti hukum nggak sih? Enak aja main rekam terus upload ke medsos. You are better than this," kritik akun ini.

"Ada hal yang perlu jatuh ke pengadilan netizen, tapi hanya untyk yang bener-bener critical issue. Jangan hal sepele netizen disuruh bully rame-rame," sambungnya.

Dalam kritikannya, akun ini juga membagikan informasi berupa menyebarkan wajah orang tanpa izin. Berdasarkan UU ITE pasal 48, orang yang menyebarluaskan wajah orang lain tanpa izin di media sosial bisa diganjar hukuman penjara minimal 8 tahun dan denda sedikitnya Rp 3 miliar.

"Tuh ya adek-adek. Kalau ada yang main upload wajah-wajah kalian tanpa izin supaya kalian tahu hak kalian di mata hukum juga. Dah sekian dan terima nasi. *Maap emosi campur PMS," pungkasnya.

Viral Selebgram 'Barbie Aceh' Ini Tuai Kecaman Gegara Laporkan Barista. (Twitter/@BudePji)

Warganet yang melihat video Herlin juga ramai memberikan kecaman terhadap selebgram itu. Bahkan, ada yang menjelaskan dengan rinci mengenai kejadian yang dinilai bukan salah karyawan tersebut.

"Engga di cuekin si, tapi si mba seleb ini selesai pesen minuman dikasir, yang harusnya slide ke ke pick up bar dia diem aja di depan kasir. Mbak barista bilang 'Ada yang bisa dibantu lagi kak? Kalau tidak silahkan tunggu minumannya di pick up bar'," beber warganet.

"Gue yang biasa ambil orderan food di Starbucks pelayanan baik kok. Mungkin karena gila hormat ya, dicuekin sedikit sampai buat laporan begini," komentar warganet.

"Lihat aja setelah ini yak, kalau baristanya dipecat, wah lu enggak ada kemanusiaan sih. Moga TikTokers yang gini cuma lu doang ya," kecam warganet.

"Cara menghilangkan rezeki seseorang dengan gaya," sindir warganet.

"Padahal masalah bisa diselesaikan di tempat. Di situ pasti ada manager atau semacemnya, bisa langsung lapor. Kalau diviralin jadi kayak sama-sama salah malahan," kritik warganet.

"Orang kayak gini mikirnya gimana si, gue mau kasih bintang 4 ke gojek yang pelayanannya gak ramah, naik motor grasa grusu, gak mau ribet cari kembalian aja mikir-mikir. Takut mutus rejeki orang. Hhhhhh," tambah yang lain.

"Tadi pagi tahu ini kasus langsung cengoh gue, kek wtf baru juga punya fans segitu udah ngrasa berkuasa banget. Who u? Memang lawak liat tingkah orang kaget punya duit banyak," sentil warganet. 

Video ini bisa disaksikan di sini.

Foto: Viral Selebgram 'Barbie Aceh' Ini Tuai Kecaman Gegara Laporkan Barista. (TikTok/@herlinkenza02)
Laporkan Barista Gegara Hal Sepele, Selebgram 'Barbie Aceh' Ini Tuai Kecaman Laporkan Barista Gegara Hal Sepele, Selebgram 'Barbie Aceh' Ini Tuai Kecaman Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar