Breaking News

UEA Siap Investasi Rp 466 T, Farid Gaban: Tidak Ada Makan Siang Gratis


Rencana penanaman investasi dari Uni Emirat Arab (UEA) ke Indonesia senilai 32,7 miliar dolar AS atau setara Rp 466 triliun ternyata tak sepenuhnya ditanggapi positif publik tanah air.

Di balik rencana investasi hasil dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo itu, perlu ditelaah lebih mendalam. Salah satunya mengenai timbal balik apa yang diberikan Indonesia kepada UEA.

"Presiden Jokowi mengklaim, Uni Emirat Arab siap mengucurkan investasi lebih dari Rp 450 triliun ke Indonesia. Yang perlu ditanyakan: apa yang Indonesia bayar untuk itu? Apa yang kita korbankan? (Pertanyaan serupa jika ada investasi dari manapun)," kritik wartawan senior Farid Gaban dikutip dari akun Twitternya, Sabtu (6/11).

Sikap kritis publik penting lantaran nominal yang dijanjikan cukup besar. Apalagi, investasi tersebut juga bukan hanya untuk satu sektor, melainkan akumulasi dari berbagai sektor.

"Tidak ada makan siang gratis," tandasnya.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia sebelumnya menjelaskan, nilai investasi UEA tersebut merupakan akumulasi dari berbagai sektor yang masih rencana. Di antaranya sektor kesehatan, energi baru terbarukan (EBT), infrastruktur pelabuhan, hingga pangan.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Presiden Joko Widodo didampingi Meteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed bertemu Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi/Ist
UEA Siap Investasi Rp 466 T, Farid Gaban: Tidak Ada Makan Siang Gratis UEA Siap Investasi Rp 466 T, Farid Gaban: Tidak Ada Makan Siang Gratis Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar