Breaking News

Setneg Doakan Kesembuhan SBY, Pastikan Ada Tim Dokter Kepresidenan


Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis mengalami kanker prostat. Sekretariat Negara (Setneg) mendoakan kesembuhan SBY.

"Pertama-tama, kami menyampaikan doa untuk kesembuhan Presiden SBY, syafakallah. Semoga Allah selalu menyertai beliau dengan kebahagiaan dan keberkahan," kata Stafsus Mensesneg Faldo Maldini kepada wartawan, Selasa (2/11/2021).

Faldo lantas menjelaskan mengenai aturan terkait dokter kepresidenan dan hak-hak mantan presiden. Saat ini, kata Faldo, sudah ada komunikasi tim dokter kepresidenan dengan pihak dokter di negara yang dituju soal perawatan SBY.

"Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978, semuanya sudah diatur, baik itu presiden maupun mantan presiden beserta keluarganya. Dalam Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2014 tentang Dokter Kepresidenan juga disampaikan hak-hak mantan presiden. Jadi masalah ini memang sudah diamanahkan," ujar Faldo.

"Dalam aturan mengenai dokter kepresidenan, diperbolehkan untuk membentuk tim yang menangani masalah-masalah spesifik kesehatan kepala negara dan mantan kepala negara. Masalah seintensif apa penanganan dan sespesifik apa penyakitnya, dokter yang lebih berwenang menjelaskan. Sejauh ini, komunikasi dokter kepresidenan dan pihak dokter di negara tujuan tempat berobat," sambung Faldo.

Sebelumnya, staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, mengungkapkan SBY sudah menelepon Presiden Jokowi. SBY berencana berobat ke luar negeri.

"Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri," ujar Ossy, Selasa (2/11).

Ossy mengatakan Jokowi telah memberi respons baik. Jokowi menyampaikan akan ada dua dokter yang mendampingi pengobatan SBY.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota tim dokter kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," katanya.

Sementara itu, eks Sekretaris Kabinet era SBY, Dipo Alam, menyampaikan SBY siang ini akan berangkat ke luar negeri untuk menjalani pengobatan. SBY ditemani pihak keluarga.

"Hari ini pukul 14 Bapak SBY dan keluarga bertolak ke luar negeri untuk pengobatan kanker prostat, mari kita doakan bersama semoga Tuhan yang maha kuasa Allah SWT membukakan jalan kemudahan perawatan dan kesembuhan beliau, Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin. @SBYudhoyono," kata Dipo Alam di Twitter seperti dikutip Selasa (2/11/2021).

"Semoga cepat SEMBUH Pak @SBYudhoyono," ujar Dipo alam me-retweet berita soal SBY.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: SBY (Grandyos Zafna/detikcom)
Setneg Doakan Kesembuhan SBY, Pastikan Ada Tim Dokter Kepresidenan Setneg Doakan Kesembuhan SBY, Pastikan Ada Tim Dokter Kepresidenan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar