Breaking News

Perintah Sholat 5 Waktu dalam Al Quran Sudah Jelas, Ini Ayatnya


Sholat adalah ibadah mahdhah yang dilakukan seorang hamba kepada Rabbnya. Sholat yang diwajibkan bagi setiap muslim adalah sholat 5 waktu. Nah, dimanakah letak perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran?

Sholat adalah kewajiban bagi orang-orang yang beriman. Adapun, waktu sholat yang diwajibkan telah ditentukan berdasarkan ketentuan syara', yaitu sebanyak 5 kali dalam sehari atau sering disebut sholat 5 waktu. Perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran ini sudah jelas dan kerap kali disampaikan oleh para ulama.  

Melansir tayangan kanal YouTube My Salam Muslim (26/2/2020), Ustadz Abd Alrahman Alhakim menyampaikan tentang perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran sebagai berikut:

Perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran tentu saja ada. Allah SWT menyebut tentang perintah sholat dalam Al Quran, ada ayat umum dan ada pula ayat khusus yang merinci tentang waktu-waktu sholat. 

Allah SWT menyebutkan "dan dirikanlah sholat". Dalam surat Al Israa' ayat 78, Allah SWT berfirman:

"Dirikanlah olehmu sembahyang ketika gelincir matahari hingga waktu gelap malam, dan (dirikanlah) sembahyang subuh sesungguhnya sembahyang subuh itu adalah disaksikan (keistimewaannya)", (QS Al Israa': 78).

Perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran juga terdapat di surat Hud ayat 144, yang artinya:

"Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat", (QS Hud: 114).


Selain itu, masih ada banyak surat dalam Al Quran yang memuat ayat tentang perintah sholat. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa sholat 5 waktu akan menjadi juru selamat kelak di hari kiamat. Diriwayatkan dari 'Abdullah bin 'Amr, Rasulullah bersabda:

"Siapa yang menjaga sholat 5 waktu, baginya cahaya, bukti dan keselamatan pada hari kiamat. Siapa yang tidak menjaganya, maka ia tidak akan mendapatkan cahaya, bukti, dan juga tidak mendapat keselamatan. Pada hari kiamat, ia akan bersama Qorun, Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Kholaf", (HR Ahmad).

Berdasarkan penjelasan perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran di atas, apakah kalian masih meragukannya? Sebagai muslim yang baik, maka jangan sampai melewatkan ibadah sholat wajib.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Perintah sholat 5 waktu dalam Al Quran - Ilustrasi sholat, muslim, salat, orang islam solat pakai masker (elemen envato)
Perintah Sholat 5 Waktu dalam Al Quran Sudah Jelas, Ini Ayatnya Perintah Sholat 5 Waktu dalam Al Quran Sudah Jelas, Ini Ayatnya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar