Breaking News

Naik Mobil atau Motor Jarak Jauh Wajib Tes PCR, Sujiwo Tejo: Karma Ditanggung jika Tujuannya Bisnis


Budayawan Sujiwo Tejo menanggapi aturan baru dari pemerintah yang mewajibkan para pengendara dan penumpang mobil atau motor yang menempuh jarak 250 kilometer lebih untuk melakukan tes PCR atau Antigen.

Menurutnya, masyarakat sebaiknya patuh terhadap aturan baru yang diterbitkan Kementerian Perhubungan pada Senin, 1 November 2021 tersebut.

Dia pun berharap tes PCR atau Antigen bagi warga yang naik mobil atau motor selama 4 jam atau menempuh jarak 250 KM dari dan ke Pulau Jawa dan Bali itu baik hasilnya.

Akan tetapi, jika itu hanya untuk bisnis semata, kata Sujiwo Tejo, masyarakat harus tetap mematuhi aturan tes PCR demi kesehatan bersama.

Kata Sujiwo Tejo, biarlah para orang-orang yang "main belakang" dengan bisnis tes PCR mendapat karmanya.

"Ya ud kita patuhi saja tes PCR/Antigen ini. Kalau tujuan aturan tersebut memang bagus, ya semoga baguslah buat semuanya. Kalau tujuannya sekadar bisnis, sekali lagi kalau demikian, tetap kita patuhi juga.. tp biar karmanya ditanggung pembuat aturan dan keluarganya," kata Sujiwo Tejo, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @sudjiwotejdo.

Untuk diketahui, aturan ini dikeluarkan oleh Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Kemenhub mengeluarkan Surat Edaran nomor SE90 Tahun 2021 terkait Perubahan Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE86 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam aturan tersebut, terdapat beberapa revisi yang dilakukan pemerintah dibandingkan aturan perjalanan darat yang dibuat sebelumnya.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menerangkan berdasarkan SE tersebut, para pelaku perjalanan jauh dengan moda transportasi darat dan penyeberangan dengan ketentuan jarak minimal 250 km (4 jam) dari dan ke Pulau Jawa Bali harus dilengkapi dengan beberapa dokumen wajib.

Dokumen wajib tersebut adalah menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil RT-PCR maksimal 3x24 jam atau antigen maksimal 1x24 jam sebelum perjalanan.

"Ketentuan syarat perjalanan tersebut berlaku bagi pengguna kendaraan bermotor perseorangan, sepeda motor. Kendaraan bermotor umum, maupun angkutan penyeberangan." ujar Budi Setiyadi dikutip dari PMJ News.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Sujiwo Tejo/Net
Naik Mobil atau Motor Jarak Jauh Wajib Tes PCR, Sujiwo Tejo: Karma Ditanggung jika Tujuannya Bisnis Naik Mobil atau Motor Jarak Jauh Wajib Tes PCR, Sujiwo Tejo: Karma Ditanggung jika Tujuannya Bisnis Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar