Breaking News

Kehabisan Uang Atasi Pandemi, Sri Mulyani: Seluruh Negara Berburu Pajak


Seluruh negara kini berburu pajak untuk meningkatkan pendapatan negara imbas pandemi Covid-19. Sebab, seluruh negara sudah habis-habisan menggelontorkan dana hingga USD19 triliun mengatasi pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perburuan pajak dilakukan untuk memulihkan ekonomi dan secara bertahap menyehatkan APBN dari dampak pandemi Covid-19.

"Seluruh negara sedang berburu pajak karena semua negara tadi kena Covid. Mereka defisitnya naik tinggi sekali. Mereka harus menyehatkan APBN-nya juga. Jadi banyak negara sekarang bekerja sama untuk kita bersama-sama menghilangkan tax evasion atau tax avoidance," kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, kini berbagai negara di seluruh dunia bekerja sama untuk memaksimalkan pendapatan negara dengan melakukan penagihan pajak.

Di dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), terdapat kebijakan pajak internasional mengenai asistensi penagihan pajak global. Cara ini terbilang efektif untuk meningkatkan pendapatan negara dari perpajakan.

"Kita bisa minta negara lain menagihkan pajak kalau kita tahu ini adalah wajib pajak kita atau kita diminta oleh negara lain untuk menagihkan pajak kalau mereka ada di Indonesia," katanya. [okezone]

Foto: Sri Mulyani (Foto: Dok Kemenkeu)
Kehabisan Uang Atasi Pandemi, Sri Mulyani: Seluruh Negara Berburu Pajak Kehabisan Uang Atasi Pandemi, Sri Mulyani: Seluruh Negara Berburu Pajak Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar