Breaking News

Geger Eks TNI Membelot Gabung ke TPNPB-OPM: Siap Perang sampai Kiamat demi Papua Merdeka


Mantan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lucky Y Matuan bikin heboh usai kabur dari kesatuan beberapa waktu lalu. Kini, eks prajurit TNI itu kembali disorot karena telah bergabung dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, mengungkapkan kalau Lucky menyampaikan pesan singkat kepada Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM. Dalam pesan singkat itu, Lucky mengabarkan kalau dirinya sudah tidak lagi menjadi bagian dari TNI.

“Bahwa dia bergabung ke TPNPB bukan Sebagai Spionase TNI, Namun Lucky Matuan mengundurkan diri dari TNI dan bergabung ke TPNPB merupakan panggilan hati nurani untuk ikut berjuang Papua Merdeka,” kata Sebby dalam keterangannya, dikutip Hops.ID, Selasa 23 November 2021.

Lucky, melalui pesan yang diteruskan Sebby, mengatakan, dirinya bergabung dengan TPNPB-OPM demi berjuang untuk Papua merdeka. Dia juga menegaskan bahwa dirinya bergabung dengan OPM bukan sebagai mata-mata dari TNI, melainkan memang panggilan hati nurani.

“Selamat pagi kakak tolong kasih keluar berita di medsos umum bahwa saya keluar dari anggota TNI itu bukan mata-mata yang di pasang oleh pihak TNI-POLRI, tapi saya keluar berjuang demi tanah air saya,” tulis Lucky.

Lucky kini tercatat tergabung sebagai kombatan TPNPB KODAP VIII Intan Jaya. Lucky dalam keterangan yang diteruskan Sebby juga menjelaskan bahwa dirinya masih ada hubungan dengan petinggi TPNPB-OPM di wilayahnya.

“Jadi saya mau jelaskan di sini bahwa memang ayah saya dengan ayahnya kaka Undius Kogoya, almarhum Simon Kogoya (bersaudara) pahlawan yang pegang,” ujar dia.

Lebih lanjut, Lucky Y Matuan juga mengatakan ilmu yang didapat selama 5 tahun sebagai tentara Indonesia dia jadikan modal dalam perjuangannya memerdekakan Papua.

“Jadi perang ini saya yang pimpin karena saya sudah belajar selama lima tahun dengan Indonesia. Dan ilmu militer yang saya belajar itu yang saya terapkan di TPNPB KODAP VIII Intan Jaya,” jelasnya.

“Saya mau sampaikan bahwa pihak TNI-POLRI yang mau datang, silahkan datang ke Intan Jaya. Saya bersama Pasukan TPNPB akan jemput mereka,” imbuh Lucky.

Lucky memegang komitmen akan terus berperang apabila Indonesia belum mau mengakui Papua merdeka. Bahkan, dia mengaku siap berperang sampai kiamat jika Papua tak kunjung merdeka dari Indonesia.

“Saya perang demi tanah air Papua untuk merdeka dari Indonesia baru saya berhenti tembakan, tapi jika belum ada pengakuan berarti saya perang terus sampai dunia kiamat itu prinsip saya,” tegas Lucky.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa ada anggota TNI yang kabur dari kesatuan. Prajurit itu kabur dan bergabung dengan TPNPB-OPM pada Februari 2021 lalu. Prajurit yang dimaksud ialah Lucky Y Matuan. Kala itu, Lucky dikabarkan kabur tanpa membawa senjata. [hops]

Foto: Lucky Y Matuan, eks TNI yang gabung ke TPNPB-OPM. Foto: Facebook
Geger Eks TNI Membelot Gabung ke TPNPB-OPM: Siap Perang sampai Kiamat demi Papua Merdeka Geger Eks TNI Membelot Gabung ke TPNPB-OPM: Siap Perang sampai Kiamat demi Papua Merdeka Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar