Breaking News

Anies Pastikan Jakarta Tidak Banjir: Kalau Air Hujan di Bawah 100 Milimeter Masih Banjir, Maka Ada yang Salah


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan wilayah Ibu Kota tidak akan banjir.

Namun Anies menyampaikan syaratnya agar wilayah yang dipimpinnya itu tidak menjadi area banjir.

Menurut mantan Mendikbud tersebut, Ibu Kota tidak banjir jika volume air hujan di bawah 100 milimeter (mm) per hari sesuai dengan kapasitas drainase.

"Kalau di bawah 100 milimeter hujannya, maka seharusnya tidak terjadi banjir," ujar Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Selasa, 2 November 2021.

Anies menuturkan, apabila volume air hujan di bawah 100 milimeter per hari dan masih terjadi banjir, maka ada yang salah dalam manajemen.

"Artinya ada sesuatu yang salah dalam manajemen," lanjut dia dikurip dari Antara.

Anies menargetkan banjir di Ibu Kota bisa diatasi dalam waktu enam jam setelah hujan berhenti apabila volume curah hujan mencapai di atas 100 milimeter per hari.

"Ketika kita berbicara tentang banjir, maka itu selalu ada kaitan dengan volume air hujan dan volume aliran air sungai. Jadi kita menetapkan target setelah hujan berhenti," tuturnya.

Dia menjelaskan apabila curah hujan di atas 100 milimeter per hari, maka air harus dipompa dan kering dalam waktu enam jam.

Begitu juga dengan luapan aliran sungai, lanjut dia, ditargetkan kembali ke titik normal dalam waktu enam jam.

"Kalau aliran sungai tidak turun-turun, otomatis banjirnya akan terus terjadi. Inilah pengendalian kita menggunakan target," kata Anies.

Anies mengatakan baru satu tahun ini menerapkan target dalam penanganan banjir Jakarta agar setiap pekerjaan ada capaian.

"Targetnya dua, satu tidak boleh ada korban jiwa dan kedua sesudah kembali (luapan sungai) ke garis normal, itu sesudah enam jam, tapi kalau belum kembali, masih terus jadi genangan," pungkas Anies.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan/Net
Anies Pastikan Jakarta Tidak Banjir: Kalau Air Hujan di Bawah 100 Milimeter Masih Banjir, Maka Ada yang Salah Anies Pastikan Jakarta Tidak Banjir: Kalau Air Hujan di Bawah 100 Milimeter Masih Banjir, Maka Ada yang Salah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar