Breaking News

Yenny Wahid Sentil Said Aqil Siradj yang Sebut Jabatan Agama Harus Dipegang NU


Yenny Wahid menanggapi pernyataan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang menyebut jabatan agama harus dipegang orang NU.

Hal itu disampaikan Said Aqil dalam acara Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tegal yang disiarkan di kanal YouTube NU Channel, Minggu, 17 Oktober 2021.

"Persoalan masalah agama di Tegal yang pegang harus NU. Khatib Jumat, MUI, Kepala Kemenag, harus NU, kalau enggak NU salah semua nanti," kata Said Aqil Siradj.

"Pokoknya jabatan-jabatan agama yang berperan harus NU. Kalau enggak, nanti salah semua. Insyaallah, kalau dipegang NU ala thoriqil hak, kalimatil hak, shirotil hak," ujarnya menambahklan.

Menurut Yenny Wahid, Said Aqil Siradj berbicara seperti itu karena subjektivitas terhadap kelompoknya.

"Tentu semua orang punya subjektivitas. Kalau kelompok saya yang megang suatu posisi, pasti (dianggap) sudah paling benar," ucap Yenny Wahid dalam acara talk show yang tayang di kanal Youtube Karni Ilyas Club pada 27 Oktober 2021.

Namun, Yenny Wahid mengingatkan sebaiknya pernyataan-pernyataan semacam itu dipikirkan terlebih dahulu sebelum dilontarkan ke publik.

"Apakah pernyataan ini boleh diungkapkan di muka publik? Nah, ini yang harus menjadi kehati-hatian," kata Yenny Wahid.

Terlepas dari itu, Yenny Wahid menilai, penunjukkan pejabat negara dari kalangan NU masih terbilang jarang sepanjang sejarah Indonesia.

"Kalau kita bicara soal orang NU memimpin, sebetulnya orang NU memimpin cuma 20 bulan. Sisanya selalu Muhammadiyah," kata Yenny Wahid.

"Bung Karno afiliasinya selalu Muhammadiyah. Apalagi Pak Harto, justru pada zaman Pak Harto NU tidak mendapatkan peran sama sekali."

"Tapi kita lihat perjalanan bangsa kita baik-baik saja. Tentu dengan segala kelebihan dan kelemahannya," kata Yenny Wahid menambahkan.*** 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Yenny Wahid/Net
Yenny Wahid Sentil Said Aqil Siradj yang Sebut Jabatan Agama Harus Dipegang NU Yenny Wahid Sentil Said Aqil Siradj yang Sebut Jabatan Agama Harus Dipegang NU Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar