Breaking News

Video Lesti Kejora Terpilih Jadi Bupati Cianjur Beredar di Medsos, Begini Faktanya


Video pedangdut Lesti Kejora yang dinarasikan terpilih menjadi Bupati Cianjur, beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama Adm-bang Vicky Tamvan’z.

Video yang bersumber dari Youtube Berita Thekian Seputar itu diunggah pada 5 Oktober 2021. Judul video itu “DALAM KEADAAN HAMIL TUA || LESTI KEJORA RESMI DILANTIK MENJADI BUPATI CIANJUR.”.

Video yang berdurasi 8 menit 21 detik juga menampilkan thumbnail foto dengan narasi “LESTI TERPILIH BUPATI CIANJUR”.

“Selamat atas terpilihnya, semoga dedek kedepan akan lebih baik, Doa yang terbaik bunda”

Benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id - jaringan Media Suara.com melalui webiste resmi cianjurkab.go.id ditemukan informasi tentang profil bupati Cianjur, yaitu Herman Suherman bukan Lesti.

Dalam profil bupati tersebut juga ditemukan periode jabatan yaitu 2021-2026.

Mengenai tampilan thumbnail pada Youtube yang disertakan dalam postingan Facebook setelah dilakukan pencarian didapatkan gambar asli yang bersumber dari Website Kabupaten Blora.

Pada artikel berjudul “Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Blora Berjalan Khidmat” pada tanggal 26 Februari 2021 ditemukan gambar asli saat acara upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Blora.

Kabupaten Blora memiliki pemimpin resmi H. Arief Rohman, S.IP, M.Si dan Tri Yuli Setyowati, ST MM sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blora masa jabatan 2021-2026.

Kesimpulan

Dengan demikian, narasi pada postingan Facebook dan gambar thumbnail Youtube tidak benar. Bupati Cianjur saat ini adalah Herman Suherman dan tampilan thumbnail pada Youtube merupakan suntingan dari gambar asli saat acara pelantikan Bupati H. Arief Rohman, S.IP dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST MM.

Dengan demikian, informasi tersebut termasuk dalam kategori konten palsu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Cek Fakta: Benarkah Lesti Kejora Terpilih Menjadi Bupati Cianjur? (Turnbackhoax.id)
Video Lesti Kejora Terpilih Jadi Bupati Cianjur Beredar di Medsos, Begini Faktanya Video Lesti Kejora Terpilih Jadi Bupati Cianjur Beredar di Medsos, Begini Faktanya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar