Breaking News

Terancam Sanksi Badan Anti-Doping Dunia, Pemerintah Pastikan MotoGP 2022 Tetap Berlangsung


Pemerintah langsung mengeluarkan suara terkait isu batalnya ajang MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, 20 Maret 2022 mendatang.

Pembatalan tersebut dikeluarkan karena Indonesia dianggap tak lolos dari tes Anti-Doping yang dilakukan oleh Badan Anti-Doping Dunia (WADA) Oktober 2021.

WADA menjelaskan tak hanya MotoGP saja, Indonesia tak boleh terlibat dan menyelenggarakan olahraga internasional dalam bentuk apapun.

Sempat tersebar isu Indonesia batal menjadi tuan rumah ajang MotoGP 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali langsung membantah kabar tersebut.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com langsung dari laman resmi Menpora pada Selasa, 12 Oktober 2021, Zainudin Amali memastikan bahwa kekhawatiran MotoGP Indonesia 2022 batal dilaksanakan pasti takkan terjadi.

"Saya kira tidak, setelah kami menyampaikan surat pada 8 Oktober, kemudian WADA sudah merespons bahwa mereka memahami apa yang terjadi di Indonesia," kata Zainudin Amali menjelaskan.

Teguran dari WADA dikeluarkan karena Indonesia tak memberi sampel anti-doping dari berbagai cabang olah raga mereka pada tahun 2020-2021.

Ini terjadi karena seluruh ajang olahraga di tahun tersebut mengalami kendala pandemi Covid-19 yang sedang memburuk.

"Untunya mereka mengerti situasi ini dan kemudian mereka berharap dari PON ini, sampel-sampel kita sesuai TDP (Test Doping Plan) tahun 2021," ujar Menpora kembali.

Karena hal tersebut, Menpora meminta agar para masyarakat maupun penggemar balap Indonesia tak pesimis karena MotoGP Indonesia 2022 gagal dilaksanakan.

Amali menyebutkan kalau Indonesia tetap akan jadi tuan rumah salah satu balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

"Itu sudah pasti tidak (pembatalan MotoGP Indonesia 2022), dengan respons WADA, memahami situasi yang terjadi di Indonesia pada 2020, dan mereka berharap sampel-sampel tes doping PON memenuhi perencanaan TDP 2021.

"Berarti tidak ada larangan dan lain sebagainya," kata Amali kembali.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Potret pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat pada Oktober 2021 /ITDC
Terancam Sanksi Badan Anti-Doping Dunia, Pemerintah Pastikan MotoGP 2022 Tetap Berlangsung Terancam Sanksi Badan Anti-Doping Dunia, Pemerintah Pastikan MotoGP 2022 Tetap Berlangsung Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar