Breaking News

Tanggapi Pernyataan Gus Yaqut Soal 'Kemenag hadiah untuk NU', Zulkifli Hasan: Ini Keliru, Perlu Diluruskan


Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan turut memberikan komentarnya mengenai pernyataan Menteri Agama (Menag) Gus Yaqut yang baru-baru ini ramai diperbincangkan.

Zulkifli Hasan memberi tanggapan terkait penyataan Gus Yaqut yang menyebut bahwa Kementerian Agama (Kemenag) sebagai hadiah untuk NU.

Pendapat Zulkifli Hasan soal pernyataan Gus Yaqut itu disampaikannya melalui cuitan yang diunggah di akun media sosial Twitter pribadinya pada Senin, 25 Oktober 2021.

Diungkapkan Zulkifli Hasan, Menag, sebagai pembantu Presiden, seharusnya berpikiran kebangsaan, bukan golongan tertentu.

"Menurut hemat saya, sebagai pembantu Presiden, Menag pikirannya harus pikiran kebangsaan, harus untuk bangsa, bukan golongan tertentu," tutur Zulkifli Hasan, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Twitter @ZUL_Hasan.

Zulkifli Hasan, yang juga menjabat Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan, pendapat Menag Gus Yaqut yang menuturkan bahwa sejarah pendirian Kemenag karena peran NU sebagai juru damai pasca pencoretan tujuh kata dalam Piagam Jakarta, juga tidak beralasan.

Ia menyebut bahwa pernyataan Gus Yaqut itu juga berbahaya dan dapat memunculkan tafsir sejarah yang keliru.

"Ini berbahaya, bisa memunculkan tafsir sejarah yang keliru. Karena banyak peran ulama lintas organisasi dan kelompok di sana," ucapnya.

"Apalagi mengatakan bahwa Kemenag merupakan hadiah negara untuk NU secara spesifik, bukan untuk umat Islam. Ini keliru. Perlu diluruskan," sambungnya.

Dalam cuitan itu, Wakil Ketua MPR RI itu pun menerangkan, Kemenag merupakan instrumen negara untuk mengayomi dan memastikan kehidupan beragama di Indonesia berjalan baik.

"Bahkan kalau menyebut Kemenag didirikan untuk umat Islam saja itu keliru jika dilihat dari pikiran kebangsaan. Apalagi mengatakan Kemenag spesifik didirikan sebagai hadiah untuk NU," ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap kepada semua pejabat negara untuk mengedepankan pikiran kebangsaan dalam bertugas.

Cuitan Zulkifli Hasan. Twitter.com/@ZUL_Hasan

"Dari manapun latar belakang seorang pejabat negara, jika sudah bekerja dan mengabdi untuk negara maka pikirannya harus tentang bangsa dan negara, bukan mementingkan golongannya lagi," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Gus Yaqut menyebut Kemenag merupakan hadiah yang diberikan kepada NU.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut dalam sebuah webinar peringatan Hari Santri 2021 yang disiarkan di YouTube TV9 Official pada Sabtu, 23 Oktober 2021.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan /Syaiful Amri/Publiktanggamus.com
Tanggapi Pernyataan Gus Yaqut Soal 'Kemenag hadiah untuk NU', Zulkifli Hasan: Ini Keliru, Perlu Diluruskan Tanggapi Pernyataan Gus Yaqut Soal 'Kemenag hadiah untuk NU', Zulkifli Hasan: Ini Keliru, Perlu Diluruskan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar