Breaking News

Singgung Penggusuran Kampung Bukit Duri, Anies Baswedan: Peristiwa yang Tak Pernah Lepas dari Ingatan


Kampung Susun Produktif di Cakung, Jakarta Timur saat ini telah memasuki proses pencanangan. Tempat ini merupakan hunian yang disediakan bagi puluhan Eks Warga Kampung Bukit Duri yang dulunya digusur oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Saat hadir dalam acara pencanangan ini, Anies Baswedan menyampaikan bahwa peristiwa penggusuran yang terjadi pada September 2016 silam merupakan sejarah yang tidak akan hilang dari ingatan masyarakat Kampung Bukit Duri.

"September 2016, peristiwa yang tidak akan pernah lepas dari ingatan bapak ibu semua, peristiwa yang tidak pernah lepas dari ingatan Kota Jakarta," katanya di Jakarta Timur, Kamis, 7 Oktober 2021.

Anies Baswedan menuturkan, bangunan yang sedang dibangun ini merupakan satu konsep perkampungan yang secara rancangan bisa memfasilitasi interaksi masyarakat sebagaimana dulu tinggal di Bukit Duri.

Bangunan juga dirancang agar warga yang tinggal di sana nantinya memungkinkan lebih produktif ketika berada di rumah.

Tidak hanya itu, Anies Baswedan memastikan bahwa bangunan tersebut dirancang agar lebih ramah lingkungan.

"Rancangan ini bisa memungkinkan ramah lingkungan, bisa mengelola air dengan baik. mengelola SDA dengan ramah," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies Baswedan menyebut, pencanangan pembangunan Kampung Produktif pengganti Kampung Bukit Duri ini prosesnya memang berjalan cukup panjang.

Namun itu semua dilakukan agar pengerjaannya berjalan tertib administrasi. Ia meyakini bahwa cara yang benar memerlukan sebuah proses dan kesabaran.

"Pelan prosesnya tapi Insya Allah benar, sehingga bapak ibu sekalian bisa tinggal dengan tenang," tuturnya.

Lebih lanjut, Anies Baswedan menjelaskan, pencanangan pembangunan ini adalah sebuah hal yang kemudian bisa dipelajari bahka kemudian, Jakarta adalah kota milik semua warga yang tinggal di dalamnya. Jakarta bukan kota milik segelintir orang saja.

Oleh karenanya kata dia, semua warga yang tinggal di Jakarta ini berhak kemudian memiliki tempat tinggal yang layak.

"Kota ini adalah milik kita semua, bukan hanya yang beruang tapi siapa saja warga Jakarta berhak untuk punya tempat tinggal yang layak," ucapnya.

Anies Baswedan berharap, proses pembangunan bisa berjalan tuntas. Ia pun berpesan agar pembangunannya dilakukan dengan prinsip on schedule, on budget, on quality.

"Tiga itu dijalankan, kalau tiga itu dijalankan, Insya Allah nanti kita bisa mensyukuri itu," ujarnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Gubernur Jakarta Anies Baswedan. /Instagram/@aniesbaswedan
Singgung Penggusuran Kampung Bukit Duri, Anies Baswedan: Peristiwa yang Tak Pernah Lepas dari Ingatan Singgung Penggusuran Kampung Bukit Duri, Anies Baswedan: Peristiwa yang Tak Pernah Lepas dari Ingatan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar