Breaking News

Malam-malam Sekitar 5000 Liter Pertamax Tumpah, Jalan Situbondo Ini Sempat Macet Total


Kecelakan truk tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) vs truk muatan barang di Jalan Raya Pasir putih, Bungatan, Situbondo, ini memacetkan lalu lintas.

Akibat kecelakaan itu, sekitar 5000 liter pertamax tumpah di jalanan. Hal ini tentu membahayakan kendaraan. Akibat kecelakaan ini arus lalu lintas dari arah Situbondo ke Probolinggo dan sebaliknya macet total.

Kecelakaan ini terjadi pada Senin (18/10/2021) malam. Beruntung pada pagi harinya arus lalu lintas sudah kembali lancar. Hal ini seperti dikatakan Kanit Laka Lantas Polres Situbondo Iptu Sukamto.

"Kecelakaan tersebut bermula saat kendaraan Truk barang nopol DR 8639 AE yang dikemudikan oleh Fikiyan warga Banyuwangi, melaju dari arah Barat menuju ke timur. Namun, saat melintas di lokasi kejadian, truk barang tersebut tiba tiba oleng ke kanan jalan," katanya, seperti dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media SuaraMalang.id, Selasa (19/10/2021).

Dari arah berlawanan, lanjut Iptu Sukamto, muncul truk tanki bermuatan BBM jenis Pertamax. Karena jarak terlalu dekat, kecelakaan tidak dapat dihindarkan.

"Sehingga, truk barang tersebut oleng ke kanan dan membentur bagian samping kanan truk tangki yang berlawanan arah," ujarnya.

Akibat benturan tersebut, sambung Iptu Sukamto, kendaraan bermuatan BBM, nopol L 9407 US yang dikemudikan Salehadi, megalami kebocoran pada tanki truk BBM tersebut.

"Diduga pengemudi truk barang tersebut dalam kondisi mengantuk, sehingga oleng ke kanan jalan dan membentur bodi truk tangki dari arah yang berlawanan," tuturnya.

Beruntung, kata dia, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kecelakaan tersebut.

"Namun, akibat kecelakaan itu mengakibatkan arus lalu lintas macet total, karena dengan bocornya tanki tersebut, membuat muatan BBM jenis Pertamax yang diperkirakan mencapai 5000 liter itu, tumpah ke jalan," katanya.

Dari peristiwa tersebut, imbuh Iptu Sukamto, karena tumpahan BBM itu mudah terbakar, pihaknya langsung melakukan pengamanan dan imbauan kepada pengguna jalan untuk sementara, agar tidak melintas, dan menghubungi damkar.

"Kami juga mengimbau agar tidak membuang putung rokok sembarangan, karena bisa menimbulkan percikan api. Setelah mobil damkar tiba dilokasi, langsung melakukan pembersihan tumpahan. Untuk meminimalisir tumpahan BBM tersebut dilakukan penambalan pada tangki yang bocor," terangnya.

Setelah upaya pembersihan tumpahan dan penambalan selesai dilakukan, sekitar pukul 00.30 WIB, arus lalu lintas dari arah Situbondo menuju Probolinggo dan sebaliknya kembali lancar.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Kondisi kemacetan di Jalan Pasir Putih Situbondo Jawa Timur [Foto: Suarajatimpost]
Malam-malam Sekitar 5000 Liter Pertamax Tumpah, Jalan Situbondo Ini Sempat Macet Total Malam-malam Sekitar 5000 Liter Pertamax Tumpah, Jalan Situbondo Ini Sempat Macet Total Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar