Breaking News

Luhut Binsar Pandjaitan Ingin Buat Game Online Pancasila dan UUD 1945


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rencana pemerintah mengembangkan industri game online di Tanah Air.

Hal itu disampaikannya dalam acara peresmian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Samarinda, Kalimantan Timur, pada 12 Oktober 2021.

Rencana itu muncul setelah Luhut Pandjaitan mencium potensi pasar yang besar dari industri game online.

"Game industry ini menurut saya sangat penting. Kemarin sudah kami rapatkan dan game ini rupanya mempunyai market hampir Rp24 triliun tahun ini saja. Ini 97 persennya kita impor," sebut Luhut Pandjaitan dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara.

Selanjutnya, Luhut Pandjaitan ingin agar game online yang dikembangkan nanti memuat konten yang edukatif, utamanya soal kebangsaan.

"Dalam UU mengenai game ini juga sudah disebutkan harus diisi konten mengenai Pancasila, kebersamaan, kenegaraan, UUD 1945, dan sebagainya," sebut Luhut Pandjaitan.

"Dan game ini jangan menjadi addict (candu) yang merusak anak kita tapi justru mendidik dan membangun persatuan, kesatuan, seperti open mind, open heart, open will," ujar Luhut Pandjaitan.

Di sisi lain, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga telah mengusulkan agar game online bisa masuk total kandungan dalam negeri (TKDN).

"Sesuai visi-misi Presiden Joko Widodo yaitu harus ada transformasi menuju industri 4.0," sebut Jerry Sambuaga.

"Karena itu, saya mengusulkan produk digital harus masuk TKDN sehingga karya digital anak negeri bisa masuk, dikenal, dan akhirnya digunakan," tuturnya mengimbuhkan.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. /Antara Foto/Reno Esnir
Luhut Binsar Pandjaitan Ingin Buat Game Online Pancasila dan UUD 1945 Luhut Binsar Pandjaitan Ingin Buat Game Online Pancasila dan UUD 1945 Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar